Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan permainan kartu angka untuk meningkatkan keaktifan, rasa senang dan hasil belajar perkalian siswa kels IV SDN Kebonagung 05 oleh Ila Hidayati
PenulisHidayati, Ila
Pembimbing1. SA'DUN AKBAR ; 2. GOENAWAN
Penerbitan2009, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. ARITMATIKA (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
2. PERKALIAN
LabelRs 372.72044 HID p
Abstrak

ABSTRAK





Hidayati, Ila. 2009. Penerapan Permainan Kartu Angka untuk Meningkatkan Keaktifan, Rasa Senang dan Hasil Belajar Perkalian di Kelas IV SDN Kebonagung 05. Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd (II) Drs. Goenawan R. M.Pd.





Kata Kunci : Permainan Kartu Angka, Keaktifan, Rasa Senang, Hasil Belajar





Materi perkalian telah dipelajari sejak kelas 2, akan tetapi hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 05 masi kurang. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, kegiatan belajar mengajar di kelas IV SDN Kebonagung 05 pada materi perkalian dibelajarkan dengan menggunakan metode caramah dan penugasan. Hasil wawancara secara lisan dengan siswa, didapat informasi bahwa guru mengajarnya dengan cara ceramah (penjelasan materi) dilanjutkan dengan penugasan, dalam pembelajaran siswa merasa takut, tidak berkelompok dan tempat duduknya tetap.

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan permainan kartu angka yang dapat meningkatkan keaktifan, rasa senang dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kebonagung 05 Malang; (2) Mendeskripsikan penerapan permainan kartu angka yang dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas 4 SDN Kebonagung 05 Malang; (3) Mendeskripsikan penerapan permainan kartu angka yang dapat meningkatkan rasa senang siswa kelas 4 SDN Kebonagung 05 Malang; dan (4) Mendeskripsikan penerapan permainan kartu angka yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kebonagung 05 Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model PTK guru sebagai peneliti dengan acuan prosedur penelitian model Kemmis dan Taggart (1990) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Siklus I dilakukan tiga kali tindakan dan siklus II dilakukan dua kali tindakan. Proses pemecahan masalah dilakukan dengan bantuan co-observer, artinya peneliti bekerjasama dengan guru bidang studi matematika dan teman sejawat dalam melakukan penelitian mulai persiapan hingga peningkatan dalam pokok bahasan perkalian meningkat secara bersama-sama. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonagung 05 kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang yang terdiri dari 24 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan permainan artu angka pada materi perkalian dapat meningkatkan aktifitas, rasa senang dan perkalian siswa kelas IV SDN Kebonagungb 05. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor observasi perilaku siswa, pre test, post tes dan evaluasi mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dikarenakan pada siklus II telah mencapai ketuntasan, maka pemberian tindakan dihentikan.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas