Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulAnalisis perbedaan kinerja keuangan bank pemerintah dan bank swasta dengan metode eagles pada periode 2004-2007 oleh Ratih Indra novianti
PenulisNofianti, Ratih Indra
Pembimbing1. MOHAMMAD HARI ; 2. LULU NURUL ISTANTI
Penerbitan2010, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. BANK - KINERJA KEUANGAN
LabelRs 332.1 NOF a
Abstrak

ABSTRAK





Nofianti, Ratih Indra. 2010. Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Pemerintah dan Bank Swasta dengan Metode EAGLES pada Periode 2004-2007. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mohammad Hari, M.Si., (II) Lulu Nurul Istanti, S.E, M.M.



Kata kunci: Kinerja Keuangan bank, EAGLES

Kinerja keuangan bank merupakan gambaran kondisi keuangan bank pada suatu periode waktu tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal, likuiditas dan profitabilitas bank. Penelitian ini menggunakan analisis EAGLES, karena analisis ini dapat mengukur dan membandingkan kinerja bank-bank secara lebih tepat, obyektif dan konsisten. Rasio-rasio EAGLES yang digunakan adalah ROA, ROE, Asset Quality, DGR, LGR, Liquidity, CAR, CCR SRQ by out interest dan SRQ by personalia.

Di Indonesia, keberadaan bank milik pemerintah dan bank milik swasta lebih dominan dibanding dengan bank lainnya. Namun semenjak adanya krisis 1997 kepercayaan masyarakat terhadap perbankan nasional menurun drastis, sehingga bank pemerintah dianggap dapat memberikan jaminan keamanan yang lebih baik. Oleh karena itu, objek penelitian ini yaitu bank pemerintah dan bank swasta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan bank pemerintah dan bank swasta melalui rasio EAGLES. Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan bank. Sampel penelitian ini sebanyak 6 bank.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik parametrik dengan metode uji-t pada program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan bank pemerintah dan bank swasta ditinjau dari rasio ROA (Return On Asset), ROE (Return On Equity), DGR (Deposite Growth Rate), Liqudity, CAR (Capital Adequcy Ratio), CCR (Core Capital Ratio), SRQ by personalia, (2) terdapat perbedaan kinerja keuangan bank pemerintah dan bank swasta ditinjau dari aspek Asset Quality, LGR (Loan Growth Rate), SRQ by out interest.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam penelitian lebih lanjut untuk menambah sampel penelitian yang dibutuhkan pada peneliti selanjutnya agar mendapat sampel dapat mewakili kondisi perbankan yang diteliti. Bagi pihak perbankan, nasabah serta masyarakat penelitian ini dapat dijadikan informasi hasil kinerja bank pemerintah dan bank swasta ditinjau dari rasio EAGLES sehingga perbankan, nasabah serta masyarakat dapat mengambil keputusan yang tepat.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas