Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh leverage, roi (Return on investment), dan roe (Return on equity) terhadap return sahan pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di bei periode 2005-2008 oleh Dhika Rosiana
PenulisRosiana, Dhika
Pembimbing1. MUGIANTO ; 2. HERI PRATIKTO
Penerbitan2010, S1 Program Studi Manajemen.
Subyek1. SAHAM, RETURN
LabelRs 332.632 ROS p
Abstrak

ABSTRAK





Rosiana, Dhika. 2010. Pengaruh Leverage, ROI (Return On Investment), dan ROE (Return On Equity) terhadap Return Saham pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI Periode 2005 2008. Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:(I) Drs. Mugianto, S.E., M.Si., (II) Dr.H. Heri Pratikto, M.Si.



Kata Kunci: Sistem Du Pont, Leverage, ROI, ROE, Return Saham



Setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja perusahaannya agar investor tertarik masuk dalam pengembangan usaha. Sumber informasi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan adalah melalui data keuangan. Data keuangan yang dipergunakan, diambil dari laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut dianalisis dengan mengaplikasikan berbagai teknik atau alat analisis laporan keuangan. Analisis ratio merupakan teknik analisis yang paling sering dipakai dalam praktik. Salah satu cara analisis ratio adalah System Du Pont. Pada penelitian ini, yang akan diteliti adalah pengaruh antara Leverage, ROI, dan ROE terhadap return saham.

Rumusan masalah pada penelitian in adalah bagaimana kondisi kinerja keuangan perusahaan Food and Beverages berdasarkan Leverage, ROI, ROE dan return saham pada periode 2005-2008. Selain itu juga apakah ada pengaruh Leverage, ROI, dan ROE, secara simultan dan parsial terhadap return saham. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja keuangan perusahaan Food and Beverages berdasarkan Leverage, ROI, ROE dan return saham pada periode 2005-2008 serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh Leverage, ROI, dan ROE, secara simultan dan parsial terhadap return saham. Jumlah perusahaan Food and Beverages yang dijadikan sampel adalah 14 perusahaan yang diambil dari 19 perusahaan Food and Beverages. Periode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah periode 2005- 2008. Return saham yang diteliti adalah return saham harian. Data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Uji yang dilakukan untuk menganalisis adalah uji regresi berganda serta uji asumsi klasik.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa variabel Leverage,ROI, dan ROE , berpengaruh secara secara simultan terhadap return saham. Sedangkan hasil uji secara parsial hanya variabel ROE yang mempunyai pengaruh terhadap return saham. Berdasarkan hasil penelitian ini perusahaan diharapkan untuk lebih meningkatkan kinerja keuangan terutama yang berkaitan dengan ROE, sedangkan bagi para investor, diharapkan dalam menganalisis investasinya tetap mempertimbangkan faktor-faktor dari kinerja keuangan perusahaan daripada faktor-faktor diluar kinerja keuangan terutama spekulasi, bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk melibatkan variabel pengukur kinerja keuangan yang lebih banyak, periode waktu yang berbeda dan subyek penelitian yang lebih luas


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas