Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan media gambar organisasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Klampok 02 kecamatan Singosari kabupaten Malang tahun pelajaran 2009 oleh 2010 oleh Tikamah
PenulisTikamah
Pembimbing1. AHMAD SAMAWI
Penerbitan2010, TA Program Studi PJJ S1 PGSD.
Subyek1. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRp 372.832044 TIK p
Abstrak

ABSTRAK

Tikamah. 2010. Penerapan Media Gambar Organisasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SDN Klampok 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. E-TA. Program Studi PJJ S-1 PGSD Jurusan KSDP Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Ahmad Samawi, M. Hum



Kata Kunci : dalam mata pelajaran pkn, pada siswa kelas V sdn klampok 02 kecamatan singosari kabupaten malang, penerapan media gambar organisasi, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, tahun pelajaran 2009/2010.



Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah-masalah konkrit yang terdapat di kelas diantaranya, siswa suka belajar secara individu, kondisi orang tua siswa banyak kaum buruhnya, prestasi belajar siswa masih di bawah Standart Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan, jumlah siswa yang relatif kecil, serta cara belajar siswa masih kurang efektif. Disamping itu masih banyak guru yang mengunakan metode ceramah, sehingga pemahaman yang diterima siswa hanya bersifat kognitif.



Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada satu kelas agar diperoleh pengamatan yang mendalam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Evaluasi dilaksanakan dua kali setelah pertemuan 2 dan pertemuan 4 selesai. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap rencana tindakan (planning, pelaksanaan tindakan (action), mengamati (observasi) dan melakukan refleksi (reflection).



Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar organisasi dapat meningkatkan prestasi hasil belajar pada siswa kelas V SDN Klampok 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Hal ini terbukti dari data di lapangan dalam kegiatan pra tindakan dan deskripsi data pada siklus I dan siklus II, terdapat adanya peningkatan yang konkrit, diantaranya meliputi, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok. Secara klasikal pada siklus I rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa sebesar 63,52 jika dibulatkan menjadi 64 dan pada siklus II terdapat kenaikan < 60 % rata-rata nilai siswa mencapai 72,80 jika dibulatkan menjadi 73. Ditinjau dari segi ketuntasan belajar dan SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) Kecamatan Singosari, untuk mata pelajaran PKn adalah 70. Pada penelitian ini rata-rata nilai PKn yang diperoleh siswa mencapai > 70, ini berarti secara klasikal dianggap telah tuntas belajar.

Agar pembelajaran tidak terkesan membosankan hendaknya guru tidak menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, tetapi sebaiknya guru menggunakan beberapa metode yang inovatif, serta menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik motivasi siswa dalam belajar aktif, kreatif dan inovatif, contohnya dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM .


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas