Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan kemampuan menemukan volume kubus dan balok melalui media benda konkret di kelas V SDN Jeladri II Kecamatan Winongan oleh Mansur
PenulisMansur
Pembimbing1. SRI HARMINI ; 2. M. IMRON ROSYADI
Penerbitan2010, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. GEOMETRI (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
2. KUBUS - VOLUME
3. BALOK - VOLUME
LabelRs 372.716044 MAN m
Abstrak

ABSTRAK

Mansur. 2010.Meningkatkan Kemampuan Menemukan Volume Kubus dan Balok Melalui Media Benda Konkret di Kelas V SDN Jeladri II Kecamatan Winongan. Skripsi, Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Harmini, S.Pd, M.Pd,

(II) Drs. M. Imron Rosyadi HSy, S.Pd, M.Pd



Kata Kunci: Inkuiri volume kubus, balok, media benda konkret.



Permasalahan yang ditemukan peneliti pada kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Jeladri II adalah: (1) kurangnya guru dalam penguasaan model-model pembelajaran inovatif; (2) Kecenderungan guru untuk mendominasi kegiatan pembelajaran; (3) rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran;

dan (4) rendahnya penguasaan siswa terhadap konsep volume kubus dan balok.



Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas pembelajaran; (2) kemampuan siswa dalam memahami konsep volume kubus dan balok; (3) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran.



Menurut Jerume Bruner untuk memahami pengetahuan baru diperlukan tahapan-tahapan yang runtut, meliputi ; tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Sebagai implelementasi dari tahapan tersebut, maka digunakan strategi pembelajaran berbasis penemuan/inkuiri.



Penelitian ini dilakukan dengan cara bersiklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus berikutnya.



Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan terhadap kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Jeladri II. Peningkatan tersebut berupa peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran mencapai 95%, dan peningkatan prestasi siswa terhadap konsep volume kubus dan balok. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor hasil tes setiap akhir pertemuan. Peningkatan rata-rata skor hasil tes dari pra tindakan sampai akhir pertemuan ke-3 siklus II mencapai 33,6 (80,2%)



Disarankan kepada guru kelas V SDN Jeladri II agar menerapkan strategi pembelajaran ini untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Bagi Kepala SDN Jeladri II hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk penelitiannya.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas