Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SDN Dermo I Bangil - Pasuruan oleh Djaelani
PenulisDjaelani
Pembimbing1. RUMINIATI ; 2. HARTI KARTINI
Penerbitan2010, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN MODEL PETA KONSEP
LabelRs 372.832044 DJA p
Abstrak

ABSTRAK





Djaelani, 2010, Penerapan Model Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN Dermo I Bangil – Pasuruan. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si., (II) Dra Harti Kartini, M.Pd.



Kata Kunci : Hasil belajar, PKn, Peta konsep, Kelas IV, SDN Dermo I.



Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada saat ini dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik dan membosankan, sehingga pada umumnya nilai yang diperoleh kurang memuaskan. Sesuai hasil observasi awal di kelas IV SDN Dermo I Bangil – Pasuruan, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi “Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Propinsi”. Hal itu diduga disebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, penugasan yang monoton, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu penerapan model peta konsep dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi “Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Propinsi”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Dermo I Bangil – Pasuruan, sejumlah 41 anak. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 55,36 pada siklus I menjadi 88,17 pada siklus II.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru sekolah dasar untuk menerapkan pembelajaran model Peta Konsep pada pelajaran PKn maupun pelajaran yang lainnya.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas