Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan peralatan seqip untuk meningkatkan pembelajaran sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan oleh Romlah
PenulisRomlah
Pembimbing1. SUTRISNO ; 2. HERU AGUS TRIWIJAYA
Penerbitan2010, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.35044 ROM p
Abstrak

ABSTRAK



Romlah. 2010. Penggunaan Peralatan SEQIP untuk Meningkatkan Pembelajaran Sains Siswa Kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuuan. Skripsi, Jurusan S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutrisno, S.Pd, M.Pd, Pembimbing (II) Drs, Heru Agus Triwijaya, M.Pd.





Kata Kunci : Peralatan SEQIP (Secience Education Quality Improvement Project), Meningkatkan, Pembelajaran Sains



Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar khususnya di SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, masih didominasi dengan pembelajaran konvesional, guru menerapkan metode ceramah dan tanya jawab tanpa menggunakan alat peraga sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Sehingga mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan, dan berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Untuk itu peneliti perlu melakukan perbaikan dengan menggunakan peralatan SEQIP.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penggunaan peralatan SEQIP dalam pembelajaran sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, 2) Mendeskripsikan penggunaan peralatan SEQIP dalam meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, 3) Mendeskripsikan Aktifitas siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan dalam pembelajaran sains dengan menggunakan peralatan SEQIP, dan 4) Mendeskripsikan Tanggapan siswa kelas V SDN Tidu I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan dalam pembelajaran sains dengan menggunakan peralatan SEQIP.

Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpul data berupa hasil observasi, wawancara dan hasil tes yaitu ulangan siklus I dan ulangan siklus II. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan penggunaan peralatan SEQIP dalam meningkatkan hasil belajar siswa 2) meningkatkan hasil belajar siswa, 3) meningkatkan aktivitas siswa dan 4) mendapatkan tanggapan yang baik dari siswa tentang penggunaan peralatan SEQIP

Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan peralatan SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN Tidu I Pasuruan. Dan disarankan kepada guru hendaknya menggunakan peralatan SEQIP dalam pembelajaran SEQIP materi pesawat sederhana, karena dapat menarik minat siswa dalam belajar, sehingga mereka mudah memahami materi dan tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya, sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan hasil belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas