Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran model ARCS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel siswa SMU Laboraturium UM kelas X semester I oleh Resti Switaning Edy Seputri
PenulisSeputri, Resti Switaning Edy
Pembimbing1. SRI MULYATI ; 2. RUSTANTO RAHARDI
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Matematika.
Subyek1. PERSAMAAN LINIER- PRESTASI BELAJAR
2. PERSAMAAN KUADRAT LINIER - PEMBELAJARAN MODEL ARCS
LabelRs 515.252076 SEP p
Abstrak

ABSTRAK

Seputri, Resti Switaning Edy . 2010. Penerapan Pembelajaran Model ARCS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smu Laboratorium Um Kelas X Semester I . Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Mulyati, M.Pd. (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si.

Kata kunci: Hasil belajar, Motivasi belajar, Model ARCS.

Guru memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Mengingat kemampuan daya tangkap dan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda, guru harus pandai memilih srategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan kelasnya. Pembelajaran Model ARCS merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang berdasarkan prinsip-prinsip motivasi. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu diajak untuk mengingat kembali konsep materi yang telah dipelajari sebelumnya, menunjukkan hubungan bahan ajar dengan kebutuhan dan kondisi siswa, melalui permasalahan open ended yang dikerjakan secara individu atau berkelompok sesuai dengan pengalaman-pengalaman pengetahuan siswa sebelumnya, memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan tugas, dan memberikan penguatan terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas yang telah dipelajari dengan pemberian tes.

Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, tanggal 22 Oktober 2009 sampai 3 Desember 2009. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan karena adanya kesulitan siswa dalam memahami himpunan penyelesaian Sistem Persamaan Linier dan Kuadrat Dua Variabel. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Tingkat keberhasilan peningkatan motivasi dan hasil belajar dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh sebelum pelaksanaan siklus I, setelah siklus I dan setelah siklus II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes kemampuan awal, dan tes di akhir siklus. Sedangkan untuk mengukur motivasi belajar siswa digunakan instrumen berupa angket dan lembar observasi motivasi siswa selama pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan dibandingkan siklus I. Peningkatan skor motivasi rata-rata angket sebelum pelaksanaan tindakan dengan rata-rata skor siswa sebesar 3,99 meningkat menjadi 4,05 sesudah pelaksanaan tindakan. Rerata kelas dari hasil evaluasi di setiap siklus juga mengalami peningkatan, sebelum tindakan sebesar 35.04 dan hasil belajar setelah tindakan sebesar 82,05 dengan peningkatan sebesar 47,01. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 76,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Jadi, ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 23,09%. Berdasarkan hasil penelitian guru dapat menerapkan model ARCS dalam proses pembelajaran sebagai variasi pembelajaran Matematika yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

i


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas