Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh pemberian insentif terhadap kinerja melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan Persada Swalayan Malang) oleh Arindiah Citra Dewi Agustin
PenulisAgustin, Arindiah Citra Dewi
Pembimbing1. BUDI EKO SOETJIPTO ; 2. M. ARIEF
Penerbitan2010, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. KEPUASAN KERJA 2. PEKERJA - KINERJA
LabelRs 658.31422 AGU p
Abstrak

ABSTRAK







Agustin, Arindiah Citra Dewi. 2010. Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Persada Swalayan Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Manajemen, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., (2) Drs. M. Arief, M.Si.



Kata Kunci: Insentif, kinerja, kepuasan kerja





Pemberian insentif merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Bergairah tidaknya karyawan bisa juga disebabkan oleh besar kecilnya insentif yang diterima. Apabila karyawan tidak mendapatkan insentif yang sesuai dengan besarnya pengorbanan dalam bekerja, maka karyawan tersebut cenderung malas bekerja dan tidak bergairah yang pada akhirnya mereka bekerja semaunya tanpa ada motivasi yang tinggi. Kinerja merupakan hal yang penting dalam memonitoring kemajuan usaha perusahaan dan merupakan fungsi operatif penting dalam sebuah perusahaan, karena tanpa kinerja yang tinggi dari seluruh pegawai maka akan sulit bagi perusahaan untuk mencapai hasil yang optimal. Kinerja yang baik mencerminkan besarnya tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan pada karyawan tersebut, sehingga akan langsung berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Kepuasan kerja adalah salah satu sasaran penting dalam pengelolaan sumber daya manusia. Kepuasan kerja yang didapatkan oleh karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan. Sebaliknya jika kepuasan kerja tidak didapatkan, maka dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dapat diukur dengan adanya pemberian insentif.

Dengan adanya pemberian insentif yang tepat serta adanya kepuasan kerja yang tinggi, diharapkan dapat menciptakan kinerja karyawan yang baik pula. Sehingga ke depannya, proses kerja organisasi dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi organisasi. Rasa kepuasan karyawan yang tinggi akan memicu munculnya kreativitas dan inovasi, sehingga karyawan akan memiliki sikap inisiatif yang positif dalam mengatasi permasalahan organisasi. Dengan sikap inilah diharapkan kualitas kerja dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian insentif pada karyawan Persada Swalayan Malang.

Penelitian ini dilaksanakan di Persada Swalayan Malang pada bulan Oktober Desember 2009. Penelitian ini terdiri dari variabel independen (X) yaitu pemberian insentif, variabel dependen (Y) yaitu kinerja, dan variabel intervening (Z) yaitu kepuasan kerja.Obyek penelitian ini adalah karyawan Persada Swalayan Malang yang berjumlah 48 orang, sedangkan sampelnya diambil sebanyak 43 orang dan teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling.

Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert 4 opsi jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Tujuan dari analisis jalur adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antar variabel, dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 14.0 for windows.

Hasil penelitian ini dapat diketahui: (1) Kondisi pemberian insentif, kinerja dan kepuasan kerja pada karyawan Persada Swalayan Malang sangatlah baik; (2) Terdapat pengaruh secara langsung yang signifikan pemberian insentif terhadap kepuasan kerja; (3) Terdapat pengaruh secara langsung yang signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja; (4) Terdapat pengaruh secara langsung yang signifikan pemberian insentif terhadap kinerja; (5) Terdapat pengaruh secara tidak langsung yang signifikan pemberian insentif terhadap kinerja melalui kepuasan kerja.

Saran yang dapat peneliti kemukakan kepada Persada Swalayan Malang yaitu: (1) Sebaiknya pimpinan lebih memperhatikan pemberian insentif yang akan diberikan kepada karyawan, agar karyawan merasa sangat puas bekerja di perusahaan, yang nantinya akan berdampak besar pada kinerja yang dihasilkan karyawan untuk perusahaan; (2) Sebaiknya perusahaan memberikan penghargaan, baik berupa finansial maupun non-finansial, kepada karyawan yang memiliki kinerja tinggi dan berprestasi; (3) Sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan kebutuhan karyawan dan mempertimbangkan keinginan karyawan.

Selain itu, penulis juga memberikan saran kepada peneliti lain yang akan merujuk hasil penelitian ini untuk menambah atau mengganti variabel penelitian ini dan jumlah sampel yang akan digunakan sebagai objek penelitian. Sehingga diharapkan model penelitian ini akan lebih berkembang dan hasil yang akan didapatkan juga akan lebih bervariasi.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas