Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode pembelajaran Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK Islam Batu oleh Aprilia Rukmana
PenulisRukmana, Aprilia
Pembimbing1. ANIEK INDRAWATI ; 2. IMAM BUKHORI
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Tata Niaga.
Subyek1. PEMASARAN - PRESTASI BELAJAR
2. PEMASRAN - PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH
LabelRs 658.8076 RUK p
Abstrak

Kata Kunci: Make A-Match, hasil belajar



Kondisi empiris yang terjadi dilapangan saat ini tidak sesuai dengan ketetapan yang sudah berlaku, walaupun KTSP sudah diberlakukan tetapi proses pembelajaran masih konvensional yakni terpusat pada guru (teacher oriented). Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang diharapkan, usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan memperhatikan siswa, menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu model cooperative learning adalah Make A-Match (mencari pasangan), dimana model pembelajaran ini melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status. Make A-Match (mencari pasangan) sebagai model pembelajaran baru belum banyak diketahui bahkan diterapkan di sekolah-sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Make A-Match, mengetahui hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di SMK Islam Batu, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan selama diterapkannya metode Make A-Match, serta solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama diterapkannya metode Make A-Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penerapan pembelajaran Make A-Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran, maka dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre test siklus I yaitu 74,4, nilai rata-rata post test siklus I yaitu 81,2. Sedangkan nilai rata-rata pada post test siklus II yaitu 89,2.

Dari hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa penerapan metode Make A-Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Islam Batu. Salah satu hambatannya adalah siswa belum terbiasa dengan belajar kelompok, dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar sebelumnya siswa terbiasa belajar secara individu. Siswa belum berani mengemukakan pandapat atau gagasan. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu untuk siswa agar lebih berani mengungkapkan gagasan atau pendapatnya secara baik dalam setiap kegiatan belajar mengajar, dengan cara sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung guru memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar berani mengemukakan pendapatnya secara lisan. Disarankan untuk memberikan motivasi kepada semua guru mata pelajaran agar senantiasa mencoba menerapkan model-model pembelajaran inovatif seperti Make A-Match dalam proses belajar mengajarnya sebagai model pembelajaran baru yang sesuai untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas