Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen) oleh Yonalisa
PenulisYonalisa
Pembimbing1. DJOKO DWI KUSUMAJANTO ; 2. SARBINI
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Tata Niaga.
Subyek1. KEWIRAUSAHAAN - PRESTASI BELAJAR
2. KEWIRAUSAHAAN - MODEL PEMBELJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)
LabelRs 338.04076 YON p
Abstrak

Kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT), hasil belajar siswa.



Seiring dengan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan, maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan, yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum baru yang diterapkan, maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan, upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan Cooperative Learning Teams Games Tournament pada siswa kelas X Pemasaran 2 di SMK Negeri 1 Turen.(2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament.(3) Untuk mengetahui respon belajar siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen setelah penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament.

Metode pembelajaran kooperatif memiliki Sembilan model pembelajaran yang bervariasi dalam mengkonstruk pemikiran siswa selama belajar. Salah satu model pembelajaran kooperatif yakni model Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model TGT terhadap hasil belajar untuk mata pelajaran kewirausahaan pada kelas X Pemasaran 2 di SMK Negeri 1 Turen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen mata pelajaran Kewirausahaan. Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,43% untuk aspek kognitif, Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) sebesar 54,28 % untuk aspek afektif, dan Peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) sebesar 65,71 % untuk aspek psikomotorik.

Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, catatan lapangan, angket dokumentasi dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen tahun ajaran 2010/2011.

Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan Cooperative Learning Teams Games Tournament dapat meningkatkan respon dan hasil belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu: (1) Guru mata pelajaran Kewirausahaan SMK Negeri 1 Turen, disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamen (TGT). (2) Guru mata pelajaran Kewirausahaan, diharapkan dalam menerapkan Teams Games Tournament menggunakan variasi permainan. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran yang berbeda.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas