Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode injuiri untuk meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun ruang siswa kelas IV SDN Waung I Nganjuk oleh Suprapti
PenulisSuprapti
Pembimbing1. HARTI KARTINI
Penerbitan2010, TA Program Studi D3 Teknik Elektronika.
Subyek1. GEOMETRI (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN INKUIRI
LabelRp 372.716044 SUP p
Abstrak

Kata-kata kunci : Metode Inkuiri, Bangun Ruang



Menurut Sanjaya (2008:196) metode pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berfikir itu sendiri biasanya dilakukan dengan mengadakan tanya jawab antara guru dan siswa. Bangun ruang adalah bangun yang mempunyai panjang, lebar dan tinggi. Jika diperhatikan lebih lanjut, pada balok terdapat 6 permukaan yang tepinya berbentuk persegi panjang dan pada kubus terdapat 6 permukaan yang tepinya berbentuk bujur sangkar, masing-masing permukaan itu disebut sisi. Pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa menadi rendah.

Berdasarkan masalah tersebut diatas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

1. Apakah metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN Waung I Nganjuk?

2. Apakah pembelajaran inkuiri dapat menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran?

Untuk membahas masalah tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas IV di SDN Waung I, Kecamatan Baron, kabupaten Nganjuk tahun pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 75% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu mendapatkan nilai ≥65, 40 %, aktivitas kegiatan siswa memiliki nilai “Baik” minimal 80%, serta guru melaksanakan 80 % indikator kinerja sesuai dengan lembar observasi kinerja guru telah tercapai.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode inkuiri pada pembelajaran matematika materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar tersebut dari nilai rata-rata 46 meningkat menjadi 81,75. Pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri akan menjadikan proses pembelajaran menjadi berpusat pada siswa. Siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini akan membuat siswa menjadi berkembang menjadi individu yang dapat mengembangkan potensinya secara menyeluruh.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Implementasi pembelajaran matematika realistik (PMR) model learning cycle (LC) 5E untuk meningkatkan pemahaman konsep materi bangun datar siswa kelas II-B SDN Sukoharjo 1 Malang / Rachmawati Mahardhika


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.