Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh desain kemasan model pouch terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen teh botol sosro di SMA Negeri 1 Malang) oleh Siti Marlena Sari
PenulisSari, Siti Marlena
Pembimbing1. DJOKO DWI KUSUMAJANTO ; 2. AGUS HERMAWAN
Penerbitan2010, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN MEMBELI
2. KEMASAN, MODEL
LabelRs 658.8343 SAR p
Abstrak

Kata kunci: Desain Fungsional, Desain Grafis, Etika Kemasan, Keputusan Pembelian.



Menjamurnya produk-produk dengan berbagai kualitas yang terpajang pada rak-rak swalayan membuat peran kemasan semakin besar. Kemasan dijadikan sebagai “perangkap emosional” yang sangat ampuh untuk menarik perhatian konsumen karena ia langsung berhadapan dengan konsumen. Pentingnya peranan kemasan dewasa ini membuat banyak pemasar menyebut pengemasan sebagai P kelima bersamaan dengan Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), dan Product (produk). Sudah sepantasnya produsen menaruh perhatian besar terhadap desain kemasan produknya, dengan menciptakan kemasan yang baik dalam hal desain fungsional, desain grafis, dan etika kemasannya. Dalam hal desain fungsional, didalamya mencakup tentang bahan kemasan, kepraktisan, dan kesesuaian isi dengan kebutuhan. Mengenai bentuk, warna, merek dan logo, tipografi, ilustrasi, dan tata letak, kesemua hal ini termasuk dalam desain grafis. Sedangkan dalam etika kemasan mencakup beberapa hal seperti pencantuman nomor registrasi BPPOM, keterangan berat isi produk, keterangan komposisi produk dan kandungan nutrisi, sampai pada pencantuman tanggal kadaluwarsa. PT. Sinar Sosro sebagai pemain di pasar teh dalam kemasan selalu memperhatikan desain kemasannya, hal ini terlihat dari berbagai inovasi kemasan yang telah dibuatnya mulai dari kemasan botol, kotak dan yang terakhir adalah kemasan pouch. Produk Teh Botol Sosro yang merupakan produk andalan PT. Sinar Sosro ini muncul dengan sebuah kemasan berbentuk pouch (kantung) 230 ml yang lebih efisien jika dibanding dengan Teh Botol Sosro kemasan kotak dengan volume 200 ml.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan pengaruh desain kemasan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen Teh Botol Sosro di SMA Negeri 1 Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari desain fungsional (X1), desain grafis (X2), dan etika kemasan (X3). Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Malang dengan pengambilan sampel sebesar 20% dan metode sampling yang digunakan adalah accidental sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara desain kemasan secara simultan terhadap keputusan pembelian sebesar r2 = 0,539; sig = 0,000. Secara parsial, tiga variabel desain kemasan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai desain fungsional t = 4,484; sig = 0,000, desain grafis t = 7,256; sig = 0,000 dan etika kemasan t = 4,694; sig = 0,000. Selain itu ditemukan juga bahwa variabel desain grafis merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai β = 0,274 yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel desain fungsional dengan nilai β = 0,168 dan etika kemasan dengan nilai β = 0,190.

Walaupun berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa desain kemasan Teh Botol Sosro kemasan pouch ini baik, SOSRO sebaiknya melakukan survey tentang desain kemasannya secara terus-menerus karena selera konsumen cepat berubah. Dalam hal desain fungsional dan etika kemasan ini memang memberikan kemudahan kepada konsumen dan memberikan keyakinan kepada konsumen terhadap produknya. Sedangkan dalam hal desain grafis walaupun hasilnya merupakan variabel yang sangat dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi desain grafis kemasan juga perlu diperhatikan dengan membuat desain yang lebih atraktif dan menarik.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas