Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran matematika melalui model reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pakisaji Malang oleh Ria Dian Paranti
PenulisParanti, Ria Dian
Pembimbing1. SANTI IRAWATI ; 2. ERRY HIDAYANTO
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Matematika.
Subyek1. MATEMATIKA - PRESTASI BELAJAR
2. MATEMATIKA - PEMBELAJARAN MODEL RECIPROCAL
LabelRs 510.76 PAR p
Abstrak

Kata kunci: model pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar



Paradigma pendidikan saat ini mengalami perubahan.Salah satu akibatnya, proses pembelajaran juga berubah. Proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, melainkan berpusat pada siswa di mana siswa terlibat langsung untuk menggali pengetahuan baru. Untuk itudiperlukan suatu variasi model pembelajaran yang sesuai agar siswa merasa nyaman untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada saat wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 1 Pakisaji Malang, pembelajaran untuk pokok bahasan bangun ruang sisi datar menggunakan metode ceramah.Siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi dan ketika dilakukan evaluasi, banyak siswa yang tidak berhasil mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa yang mendapatkan nilai ulangan matematika nilai diatas 70 hanya 46,7%.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas SMP Negeri 1 Pakisaji Malang pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Dalam model pembelajaran Reciprocal Teaching, diterapkan empat strategi pemahamanya itu memprediksi, mengklarifikasi, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, dan merangkum bahan ajar. Pada kegiatan akhir, guru mengevaluasi pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari melalui tes tertulis.

Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hal ini didukung dengan hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai minimal 70 adalah 90%. Padahal pada saat ulangan dengan metode ceramah siswa yang mendapat nilai minimal 70 hanya 46,7%. Hal ini berarti hasil belajar siswa meningkat sebesar43,3%.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas