Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-B SDN Pagentan 02 Singosari - Malang oleh Witayah
PenulisWitayah
Pembimbing1. SUKAMTI
Penerbitan2010, TA Program Studi S1 PJJ PGSD.
Subyek1. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN MODEL EKSPERIMEN
LabelRp 372.35044 WIT p
Abstrak

Kata Kunci : Meningkatkan prestasi hasil belajar dan metode eksperimen.



Pembelajaran IPA merupakan pelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa karena guru hanya menerapkan metode ceramah, sehingga nilai hasil belajar siswa rendah sesuai dengan dokumen ulangan harian siswa kelas III SDN Pagentan 02 Singosari tahuan pelajaran 2009/2010 tentang ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup nilai rerata siswa mencapai 50,00 yang tidak dapat memenuhi SKM untuk mata pelajaran IPA 65. Permasalah tersebut dicoba diatasi dengan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas III untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA dalam pembelajaran ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

Metode eksperimen adalah metode yang memungkinkan siswa terlibat aktif secara fisik dan mental dalam pembelajaran. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian sederhana yang dikembangkan oleh Yang meliputi tiga langkah yaitu : (1) pengajuan masalah, (2) pelaksanaan percobaan untuk pengamatan, dan (3) pengambilan kesimpulan.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas model siklus yang dikembangkan oleh Lewin, Kurt dalam Akbar, Sa’dun (2009:27) dengan model guru sebagai peneliti. Alur setiap siklus PTK meliputi 4 kegiatan yaitu : (1) planning, (2) action, (3) observing, dan (4) reflekcting. Dalam setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Pagentan 02 Singosari Malang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, dan soal tes.

Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini meliputi tiga siklus. Keaktifan kelompok siklus I adalah 65,82, siklus II adalah 74,71, siklus III adalah 86,20 dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II 8,89%. Nilai individu sebelum tindakan 50,00, siklus I adalah 80,00, siklus II adalah 88,57. Peningkatan sebelum siklus ke siklus I 30,00% kategori tinggi, siklus I ke siklus II 8,57% kategori rendah. Meskipun peningkatan setiap tindakan menurun tetapi dalam setiap tindakan tetap mengalami peningkatan.

Berdasarkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pembelajaran IPA tentang ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang diterapkan pada siswa kelas III SDN Pagentan 02 Singosari Malang dengan menggunakan metode eksperimen. Maka layaklah metode eksperimen dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas