Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode role playing untuk meningkatkan empati pada siswa kelas IV MI Yaspuri Malang oleh Nutfah A.M. Arif
PenulisArif, Nutfah A.M.
Pembimbing1. Marthen pali 2. H. Rosjidan
Penerbitan2010, S2 Program Studi Bimbingan Konseling.
Subyek1. EMPATI - PEMBELAJARAN
LabelRt 152.4107 ARI p
Abstrak

Kata Kunci: Penerapan, Metode Role Playing, Empati.





Dewasa ini fenomena kekerasan sudah menjadi suatu tradisi yang melekat dalam masyarakat Indonesia. Tak seharipun media massa melewatkan pemberitaan tentang kekerasan, kekejaman, atau kejahatan. Kekerasan memang meningkat, baik dalam jumlah, jenis, maupun kualitasnya. Lebih dari itu, pelaku maupun korban makin beragam, baik ditinjau dari jenis kelamin, latar belakang, maupun tingkatan usia. Hampir setiap persoalan di negeri ini diselesaikan dengan kekerasan dan kekerasan sudah menjadi budaya yang tertanam kuat dalam masyarakat dan sangat di sayangkan budaya kekerasan ini sampai merambah kedunia pendidikan dan yang menjadi aktor dari kekerasan tersebut adalah para siswa sendiri. Bahkan kekerasan tidak hanya terjadi di jenjang pendidikan tinggi akan tetapi sudah merambah sampai pendidikan yang paling rendah seperti sekolah dasar. Hal ini memberikan potret suram bagi dunia pendidikan.

Siswa sekolah dasar (SD) adalah kelompok usia anak-anak yang sedang mengalami perubahan dan perkembangan diri dalam segala aspek. Salah satu perkembangan diri yang dialami mereka adalah pekembangan sosioemosional. Empati merupakan satu konstruk yang membantu perkembangan sosioemosinal anak. Dengan empati anak dapat memahami, merasakan, menghayati orang lain karena dalam proses empati ini berlangsung proses pengertian dan perasaan yang dinyatakan bentuk hubungang antar pribadi. Dengan kemampuan empati yang dimiliki oleh anak membantu mereka untuk mencegah perilaku yang mengarah pada kekerasan. Berdasarkan hal ini, sekolah dapat mencegah kekerasan yang terjadi disekolah dengan meningkatkan empati pada diri siswa.

Salah satu metode yang paling efektif untuk meningkatkan empati siswa yaitu metode Role Playing. Role playing merupakan salah satu metode pembelajaran yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan hubungan antarmanusia (interpersonal relationship), terutama yang menyangkut kehidupan peserta didik. Pengalaman belajar yang diperolehya dari metode ini meliputi, kemampuan kerja sama, komunikatif, dan menigterpretasikan suatu kejadian.

Penerapan metode Role playing dimaksudkan untuk memperoleh gambaran bagaimanakah metode Role playing berpengaruh untuk meningkatkan empati siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini ditemukan gambaran dari metode Role Playing. Gambaran metode Role Playing yang ditemukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) proses belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai sikus III hal ini di lihat dari tahapan metode yang di terapkan yaitu warm up, memilih partisipan, bermain peran, diskusi dan evaluasi serta berbagi pengalaman dan kesimpulan, (2) respon siswa terhadap metode Role playing menunjukkan respon yang sangat positif dengan nilai rata-rata 86,7 %, (3) sikap empati siswa menunjukkan katergori tinggi dengan nilai rata-rata 68,16 %.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode Role playing dapat meningkatkan proses belajar dan empati siswa dan ditunjukkan dengan respon sangat positif siswa terhadap metode pembelajaran.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas