Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu oleh Dhian Nofianti
PenulisNofianti, Dhian
Pembimbing1. MUHAIBAN
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
Subyek1. BAHASA ARAB - MOTIVASI BELAJAR
2. BAHASA ARAB - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)
LabelRs 492.707 NOF p
Abstrak



Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model STAD, motivasi



Permasalahan yang ada di kelas VIII MTs Negeri Batu khususnya di kelas VIII A adalah rendahnya motivasi belajar bahasa Arab. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksanakan pembelajaran kooperatif model STAD. Dalam pembelajaran kooperatif model STAD ada 5 (lima) tahap, yaitu: (1) penyajian kelas, (2) belajar kelompok, (3) tes atau kuis, (4) poin peningkatan individual, dan (5) penghargaan kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pelajaran bahasa Arab dan peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pencatatan lapangan. Sedangkan instrument pengumpulan data adalah lembar observasi yang digunakan untuk aktivitas guru, siswa, dan motivasi, lembar catatan lapangan, kisi-kisi wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, siklus I dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2010, siklus II pada tanggal 11 Mei 2010, dan siklus III pada tanggal 12 Mei 2010.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru (peneliti) telah melaksanakan semua prosedur yang harus dilaksanakan pada pembelajaran kooperatif model STAD, sedangkan keaktifan siswa pada siklus I sampai siklus III meningkat, motivasi belajar bahasa Arab siswa yang meliputi sub variabel pendorong, penggerak, rasa ingin tahu, semangat, keinginan, dan rangsangan juga terus mengalami peningkatan di setiap siklus.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu, sehingga pembelajaran kooperatif model ini dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD disarankan adanya pengaturan waktu yang baik dalam setiap tahapan pembelajaran, dan kreatifitas guru dalam pemberian penghargaan.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas