Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan aktivitas bermain sentra bahan alam untuk meningkatkan kemampuan sosial anak di Taman Kanak-kanak Anak Saleh Malang oleh Siti Muntomimah
PenulisMuntomimah, Siti
Pembimbing1. Moch. Sochib 2. Endro Wahyuno
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
Subyek1. ANAK - SOIAL, KEMAMPUAN
2. TAMAN KANAK-KANAK - PEMBELAJARAN
LabelRs 372.218 MUN p
Abstrak

Kata kunci: Kemampuan sosial, bermain sentra bahan alam



Salah satu tujuan pendidikan pembiasaan adalah untuk membina kemampuan pembiasaan. Dan aspek vital dari kemampuan itu ialah kemampuan sosialisasi. Sosialisasi tidak berarti bersama. Sosialisasi itu adalah suatu proses kemampuan berinteraksi, berperilaku sesuai dengan yang diinginkan dan diterima sebagai anggota kelompok / masyarakat. Sosialisasi adalah sarana atau alat bagi manusia untuk mengekpresikan diri. Dalam setiap pendidikan unsur yang ditekankan oleh kurikulum adalah penanaman kemampuan pengetahuan dan sikap. Dengan demikian pendidikan pembiasaan khususnya pendidikan sosialisasi harus menanamkan kemampuan, pengetahuan dan sikap.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah strategi sebelum pembelajaran pembiasaan, selama pembelajaran sosial dan setelah pembelajaran sosial. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis merancang penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk peningkatan sosialisasi anak melalui strategi aktivitas bermain di sentra bahan alam. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Anak Saleh Malang pada akhir semester 2 tahun pelajaran 2009/2010 di kelompok belajar A-2 dengan melibatkan sebanyak 16 anak didik yang kenyataannya kemampuan sosial anak perlu ditingkatkan.

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif tentang strategi pembelajaran sosial di taman kanak-kanak. Tujuan khusus penelitian ini untuk memperoleh gambaran-gambaran obyektif tentang strategi sebelum pembelajaran sosial, strategi selama pembelajaran sosial di Taman Kanak-kanak melalui bermain sentra bahan alam di Taman Kanak-kanak Anak Saleh Malang Tahun Pelajaran 2009-2010. Penelitian berlangsung 2 (dua) siklus dengan melakukan pengamatan minat, keaktifan sosial. Data dikumpulkan melalui tehnik observasi dan dokumentasi. Kemampuan sosial anak meningkat dengan indikasi anak dengan penuh minat sosial dan bekerjasama.Proses peningkatan sosial dikatakan meningkat prosentase 75% atau lebih. Sedangkan hasil belajar sosial dikatakan berhasil jika hasil tiap-tiap indikator memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya.Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bermain bahan alam dan cair dapat meningkatkan kemampuan sosial bagi siswa kelompok A-2 TK Anak Saleh Malang. Hal ini dibuktikan dengan prosentase rata-rata mencapai 75% terus meningkat dari Siklus 1 dan Siklus 2.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengemukakan saran kepada guru agar menggunakan hasil ini untuk mengembangkan konsep pembelajaran pembiasaan khususnya pembelajaran sosial melalui permainan sentra bahan alam.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas