Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan messy play dalam upaya meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B di RA persis Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan oleh Aida Rika Sari
PenulisSari, Aida Rika
Pembimbing1. H. Sutarno 2. Muchtar
Penerbitan2010, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK KECERDASAN NATURALIS
2. TAMAN KANAK-KANAK - PEMBELAJARAN
LabelRs 372.218 SAR p
Abstrak

Kata Kunci: Penggunaan Messy Play, kecerdasan naturalis





Peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan Messy Play di RA Persis Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan pada anak usia 5-6 tahun/kelompok B masih sangat rendah, utamanya dalam hal membuat gambar menggunakan teknik kolase dengan berbagai media, mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu dan membuat berbagai bentuk dengan playdough/finger painting. Dari pengalaman-pengalaman yang terjadi, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan Messy Play sebagai upaya meningkatkan kecerdasan naturalis.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Messy Play dalam upaya meningkatkan kecerdasan naturalis, mendeskripsikan peningkatan aktivitas anak melalui penggunaan Messy Play, dan mendeskripsikan peningkatan kecerdasan naturalis dengan menggunakan Messy Play pada anak kelompok B di RA Persis Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak-anak yang belajar pada semester I tahun 2010-2011 pada Roudlotul Athfal Persis Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Saat dilakukan pendataan, jumlah subjek penelitian sebanyak 20 anak. Pada pelaksanaan penelitian ini juga melibatkan dua orang, kolaborator sebagai pengamat atau observer. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi yaitu berupa catatan lapangan, hasil karya dan dokumentasi kecerdasan naturalis melalui penggunaan Messy Play. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu dengan meggunakan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.

Hasil analisis data pada siklus 1 mencapai nilai rata 70,2 atau mencapai 50% dan siklus II dengan nilai rata-rata 82,2 atau mencapai 85%, maka penggunaan Messy Play dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun/kelompok B bisa diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang peningkatan kecerdasan naturalis dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui pembelajaran melalui penggunaan Messy Play, maka disarankan agar menggunakan Messy Play dalam hal peningkatan kecerdasan naturalis.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.