Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di RA Miftahul Khoir oleh Indrarti Yhuaningsih
PenulisYhuaningsih, Indrarti
Pembimbing1. I Wayan Sutama 2. Tomas Iriyanto
Penerbitan2010, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK - BAHASA, KEMAMPUAN
2. ANAK - BAHASA - MEDIA PEMBELAJARAN
3. TAMAN KANAK-KANAK
LabelRs 372.4 YHU p
Abstrak

Kata kunci: media kartu gambar, kemampuan berbahasa, Roudhatul Athfal.





Kemampuan bahasa sangat penting bagi anak usia dini, karena merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak sebagai persiapan membaca dan menulis untuk memasuki jenjang Sekolah Dasar. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak, perlu adanya media pembelajaran yang dapat menarik dan menyenangkan pada saat pelaksanaan pelajaran membaca. Hasil observasi awal ditemukan bahwa anak RA Miftahul Khoir Grati Pasuruan masih rendah sebelum menggunakan kartu gambar. Sebagian anak belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah yaitu 60% dari ketuntasan individu. Berdasarkan hal ini, penggunaan media kartu gambar sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penggunaan media kartu gambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B di RA Miftahul Khoir, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca anak kelompok B di RA Miftahul Khoir setelah diterapkan atau dibelajarkan dengan media kartu gambar.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2(dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Miftahul Khoir sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung terhadap kegiatan anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan menggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di RA Miftahul Khoir, terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi anak mulai dari pratindakan (46) dengan prosentase (10%), meningkat pada siklus I (66) dengan prosentase (45%), dan meningkat lagi pada siklus II (84,15) dengan prosentase (90%) yang terus mengalami peningkatan. Dari penggunaan media kartu gambar ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada kegiatan membaca dan nilai ketuntasan belajar anak.

Saran yang disampaikan yaitu penggunaan media kartu gambar dengan cara menunjukkan obyek/bendanya akan memudahkan, memotivasi dan menarik minat anak dalam pelaksanaan kegiatan membaca, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada saat pembelajaran.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.