Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik dengan teknik finger painting siswa kelompok A di RA Nurul Iman Karangrejo Kecamatan Gempol oleh Mutrofin
PenulisMutrofin
Pembimbing1. H. Moch. Sochib 2. Usep Kustiawan
Penerbitan2010, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. MENGGAMBAR (TAMAN KANAK-KANAK)
2. ANAK - FISIK MOTORIK, KEMAMPUAN
LabelRs 372.52 MUT p
Abstrak

Kata kunci : Metode Demonstrasi, Fisik Motorik, Finger Painting, RA





Sebagai guru berupaya agar anak didik dapat mengembangkan berbagai macam bakat dan kemampuan secara optimal dalan melakukan kegiatan. Semua itu akan berhasil dengan baik apabila kita selalu berusaha menciptakan suasana pembelajaran secara efektif, kreatif, dan menyenangkan. Sebaikya pendidik tidak melulu mencontohkan lalu anak mengikuti.tapi biarkan anak mencoba-mencoba, sehingga anak dapat menyelesaikan tugas secara mandiri. Yang dihadapi sekarang di RA Nurul Iman Karangrejo Kecamatan Gempol, misalnya pada pengembangan fisik motorik anak belum mampu menggerakkan jari tangan untuk kelenturan otot dan koordinasi untuk menerapkan melukis dengan jari yang sesuai dengan harapan guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrepsikan (1) langkah-langkah penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik dalam pembelajaran finger painting pada anak kelompok A RA Nurul Iman Karangrejo Kecamatan Gempol, (2) peningkatan kemampuan fisik motorik dan seni anak kelomok A RA Nuurul Iman Karangrejo Kecamatan Gempol dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran finger painting.

Untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik mengguanakan metodologi penelitian yaitu menggunakan rancangan PTK yang bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi pada latar penelitian (kelas). Subyek penelitian adalah anak kelompok A dengan jumlah 20 anak. Lokasi penelitian adalah RA Nurul Iman Karangrejo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan portofolio.

Kesimpulan dari penelitian adalah (1) langkah-langkah penggunaan metode demonstrasi telah berhasil meningkatkan kemampuan fisik motorik dengan teknik finger painting di kelompok A RA Nurul Iman Karangrejo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, (2) peningkatan fisik motorik dari pra tindakan nilai rata-rata mendapat bintang 1 meningkat bintang 2 pada siklus I tatapi belum tuntas. Pada siklus II terjadi ketuntasan dengan nilai rata-rata bintang 3.

Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah (1) bagi pendidik hendaknya metode demonstrasi dengan teknik finger painting bisa menjadi salah satu alternatif peningkatan kualitas dalam pembelajaran fisik motorik, (2) bagi

penelitian lain, penggunaan metode demonstrasi bisa dikembangkan pada penelitian lain, penelitian lain dengan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif yang berkembang.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan metode eksperimen pencampuran warna untuk meningkatkan kognitif pada kelompok A TK PGRI 1 Pecalukan Prigen Pasuruan / Istikomah


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.