Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPemanfaatan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III MI. Miftahul Huda 1 Manaruwi Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan oleh Siti Fauziatul Mufidah
PenulisMufidah, Siti Fauziatul
Pembimbing1. Harry Poerwanto 2. Sumanto
Penerbitan2010, S1 Program Studi PGSD.
Subyek1. PUISI (PENDIDIKAN DASAR) - MENULIS, KEMAMPUAN
LabelRs 372.62044 MUF p
Abstrak

Kata Kunci: Media Gambar Ilustrasi, Menulis Puisi.





Dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek menulis siswa kelas III MI. Miftahul Huda 1 Manaruwi Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan sebagian siswa masih belum mampu mengemukakan idenya dalam menulis suatu puisi. Dengan pemanfaatan media gambar ilustrasi, maka kemampuan siswa dalam menulis puisi akan meningkat. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah tentang pemanfaatan media gambar ilustrasi untuk meningkatkat kemampuan menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan pemanfaatan media gambar ilustrasi, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa dengan pemanfaatan media gambar ilustrasi.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian 18 siswa.Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Dari hasil observasi, bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar ilustrasi pada pra tindakan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang berani membacakan hasil puisinya di depan kelas dan siswa kurang kreatif dalam mengemukakan idenya. Pada siklus I dan II pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, siswa terlihat kreatif dalam mengemukakan ide baik berupa tema, diksi, majas dan rima, dan siswa aktif dalam menikuti pembelajaran, serta berani membacakan hasil puisinya tentang alat trasportasi di depan kelas, (2) tingkat keberhasilan siswa dalam menulis puisi dari hasil tes perbuatan pada pra tindakan mencapai skor 0% dengan skor rata-rata 55,8, ditahap siklus I mencapai skor 57% dengan rata-rata 60,9 dan hasil pada siklus II mencapai 71% dengan skor rata-rata 68,6. Adapun peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas III dari siklus I dan siklus II yaitu 14%.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III MI. Miftahul Huda I Manaruwi Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Saran dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan media gambar ilustrasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas