Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan permainan bendera untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di RA Miftahul Huda I Kenep Beji-Pasuruan oleh Juairiyah
PenulisJuairiyah
Pembimbing1. Usep Kustiawan 2. Wiwik Dwi Hastuti
Penerbitan2010, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK - KEMAMPUAN KOGNITIF
2. TAMAN KANAK-KANAK
LabelRs 372.218 JUA p
Abstrak

Kata kunci : permainan bendera, kognitif, PAUD.





Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Oleh sebab itu, pembelajaran di taman kanak-kanak hendaknya tidak terlepas dari permainan. Bermain juga merupakan tuntutan dan kebutuhan yang esensial bagi anak TK. Melalui bermain anak akan dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan dimensi motorik, kognitif, bahasa, emosi, sosial. Dengan demikian anak memperoleh kesempatan memilih kegiatan yang disukainya. Bereksperimen memecahkan masalah dan memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan permainan bendera untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan mendiskripsikan pengembangan kemampuan kognitif dengan cara penerapan bermain bendera.

Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif berbentuk penelitian tindakan kelas dan dirancang dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B RA Miftahul Huda I Kenep Beji Pasuruan yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas anak selama proses pembelajaran dan dokumentasi berupa foto.

Hasil penelitian menunjukkan belum dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, pada siklus I rata-rata mendapat 2 bintang, pada siklus II meningkat menjadi rata-rata anak mendapat 3 bintang .

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) penerapan permainan bendera dalam meningkatkan kemampuan kognitif adalah suatu permainan dengan menggunakan media bendera yang diterapkan di RA Miftahul Huda I Kenep Beji Pasuruan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, (2) penerapan permainan bendera dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru RA dapat menerapkan permainan bendera untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan bagi peneliti yang lain dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengembangan penelitian berikutnya.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.