Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan alat permainan edukatif "Balok" untuk meningkatkan aktivitas belajar kemampuan berbahasa anak kelompok A di RA Darurrohim Al-Hasan oleh Aliyah Abidah
PenulisAbidah, Aliyah
Pembimbing1. Moh. Sochib 2. H. Abdul Huda
Penerbitan2010, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK - BAHASA, KEMAMPUAN
2. ANAK - BAHASA - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.6 ABI p
Abstrak

Kata Kunci : Permainan balok, Aktivitas belajar, Kemampuan berbahasa.





Kemampuan berbahasa sangat penting bagi anak usia dini, karena merupakan suatu bentuk komunikasi/ungkapan anak pada orang lain. Dengan mengungkapkan, anak sudah mampu mengungkapkan gagasan dan perasaannya akan kebutuhannya kepada orang lain. Aktivitas belajar kemampuan berbahasa anak kelompok A di RA Darurrohim Al-Hasan masih sangat rendah, utamanya dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Dari pengalaman-pengalaman yang terjadi dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan balok sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, yaitu anak aktif dalam kegiatan membangun, anak dapat bekerjasama dengan teman, berani mangajukan dan menjawab pertanyaan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran permainan balok yang dapat meningkatkan aktivitas belajar kemampuan berbahasa anak kelompok A. 2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar kemampuan berbahasa anak kelompok A.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Darurrohim Al Hasan sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi yaitu berupa lembar penilaian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu dengan menggunakan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II.

Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata 63,3% pada siklus I dan nilai rata-rata 78,3% pada siklus II, maka penggunaan permainan balok dapat meningkatkan aktivitas belajar kemampuan berbahasa anak pada kelompok A.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang aktivitas belajar kemampuan berbahasa anak pada kelompok A disimpulkan bahwa aktivitas belajar kemampuan berbahasa dapat ditingkatkan dengan penggunaan permainan balok.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.