Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan teknik skimming untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang tahun ajaran 2009 oleh 2010 oleh Eko Prasetyo
PenulisPrasetyo, Eko
Pembimbing1. MARTUTIK
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
Subyek1. BAHASA INDONESIA - MEMBACA CEPAT, KEMAMPUAN
2. BAHASA INDONESIA - MEMBACA CEPAT - METODE PEMBELAJARAN
LabelRs 499.2218432 PRA p
Abstrak

Kata kunci: pembelajaran, membaca cepat, teknik skimming





Di zaman yang serba modern ini sarana bacaan semakin bertambah, sementara waktu yang dimiliki seseorang tetap tidak bertambah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kecepatan membaca. Dengan meningkatkan kemampuan membaca cepat, seseorang akan dapat menyerap berbagai informasi bacaan dalam waktu yang relatif singkat. Artinya, membaca dengan kecepatan tinggi namun tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaannya sehingga antara waktu dan hasil akan benar-benar efektif. Melihat kenyataan tersebut, diperlukan sebuah teknik untuk meningkatkan kecepatan membaca. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca cepat untuk menemukan ide pokok adalah, dengan menggunakan teknik skimming. Teknik Skimming dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok.

Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) keterampilan membaca diajarkan sejak awal yaitu sejak kelas VII. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disebutkan bahwa terdapat kompetensi yang wajib dikuasai siswa yaitu mampu menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit. Pada proses pembelajaran ini siswa dituntut supaya siswa bisa mengungkapkan isi teks dengan kecepatan 250 kata per menit.

Kemampuan membaca cepat siswa SMP kelas VIII perlu ditingkatkan untuk memenuhi standar kompetensi yang dituntut lebih dari 250 kata per menit. Untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP diperlukan sebuah teknik pelatihan membaca cepat. Kecepatan membaca seseorang sesungguhnya dapat ditingkatkan, yaitu dengan banyak berlatih membaca dan memahami isi bacaan. Akan tetapi berlatih saja tidaklah cukup, harus ada teknik yang efektif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang tepat dan efektif akan dapat membantu seseorang menjadi cepat dalam meningkatkan kemampuan membacanya.

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran membaca cepat, terdapat berbagai macam teknik yang dapat diterapkan. Setiap teknik tentunya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kecepatan membaca siswa. Penggunaan teknik yang tepat akan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kecepatan membacanya tanpa mengurangi pemahamannya terhadap bacaan.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Skimming. Teknik Skimming adalah suatu keterampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mengambil gagasan utama atau ide pokok dari suatu hal/bacaan. Gerakan mata dalam skimming yaitu mata bergerak di baris baris pertama yang mengandung ide pokok dari paragraf kemudian melompat (skipping) dan berhenti di beberapa fakta, detail tertentu yang penting yang menunjang ide pokok. Dari beberapa gerakan yang digunakan pada intinya adalah lompatan mata yang tepat, tidak berhenti pada baris-baris tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang dengan mengambil subjek penelitian kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar setelah penggunaan teknik skimming terhadap Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pakisaji Malang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas karena penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian. Prosedur penelitian tindakan meliputi (1) studi pendahuluan untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran berbicara di sekolah, (2) rencana tindakan, (3) pelaksanan tindakan, (4) pengamatan, (5) refleksi, dan (6) hasil tindakan. Data peneltian ini bersumber dari hasil penelitian siklus I dan II. Analisis data dilakukan dengan (1) (1) seleksi data yang terkumpul, (2) pensekoran data dengan menggunakan uji t paired sample test, dan (3) penyimpulan data. Peneliti dapat mengetahui keberhasilan tindakan berdasarkan aspek yang dinilai.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada peningkatan penggunaan teknik Skimming terhadap Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang. Kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang mengalami peningkatan pada siklus I. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa pada siklus I, hasil kemampuan siswa dalam membaca cepat teks rata-rata yang dicapai siswa adalah 276 KPM. Pada siklus II kecepatan rata-rata siswa meningkat menjadi 305. Hal ini terbukti terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Pada aspek keterampilan pemahaman siswa dalam menemukan ide pokok siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pakisaji tahun ajaran 2009/2010 setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan teknik skimming terbukti mengalami peningkatan. Nilai pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 79. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 88. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%.

Pada aspek keterampilan pemahaman siswa dalam menyimpulkan isi bacaan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pakisaji tahun ajaran 2009/2010 setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan teknik skimming terbukti juga mengalami peningkatan. Nilai kegiatan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 81. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 88. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Selain itu, penggunaan teknik skimming mampu meningkatkan aktivitas positif siswa dalam kegiatan pembelajaran membaca cepat. Aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan teknik skimming, yaitu (1) siswa tertarik mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan teknik skimming, (2) siswa berkonsentrasi dan memberikan perhatian penuh, (3) siswa bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, (4) siswa memperhatikan penjelasan guru dengan seksama. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Skimming dapat meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2009/2010.

Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya adalah

keterampilan membaca cepat siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Malang bisa ditingkatkan dengan penerapan teknik skimming. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan bagi guru untuk menerapkan teknik skimming untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat bagi siswa dengan permasalahan yang sama, berusaha meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca, memotifasi siswa dan meningkatkan minat siswa pada kompetensi dasar yang diteliti. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti tentang peningkatan membaca cepat dengan teknik skimming dengan subjek dan tempat penelitian lain dan meneliti tentang peningkatan membaca cepat dengan metode pembelajaran yang lain.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas