Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan teknik pengelompokan (clustering) untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Kertanegara Malang oleh Kurnia Azizah
PenulisAzizah, Kurnia
Pembimbing1. ABDUL SYUKUR GHAZALI ; 2. HERI SUWIGNYO
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
Subyek1. CERITA PENDEK - MENULIS, KEMAMPUAN
2. CERITA PENDEK - MENULIS - METODE PEMBELAJARAN
LabelRs 808.301 AZI p
Abstrak

Kata kunci: kemampuan menulis, cerita pendek, teknik pengelompokan.





Salah satu permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia di SMA Kertanegara Malang adalah hasil belajar yang kurang memuaskan terutama pada kemampuan siswa menulis cerpen. Selama proses pembelajaran, siswa kurang antusias dan melakukan kegiatan di luar konteks pembelajaran. Hasil cerpen tulisan siswa masih dalam katagori kurang. Hal tersebut disebabkan metode yang digunakan guru untuk pembelajaran menulis cerpen kurang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai yaitu menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku,peristiwa, latar). Kondisi tersebut ditemukan di kelas X yang menjadi tempat dilakukannya tindakan.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Lebih khususnya, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis cerpen pada kegiatan awal, inti dan akhir serta peningkatan hasil yang meliputi peningkatan pada aspek pembangun cerpen. Sesuai dengan tujuan, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengguna-kan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 20 September-26 November 2010. Jenis data pada penelitian ini adalah data proses dan data hasil. Data proses berupa rekaman interaksi antara guru, siswa dan media. Data hasil berupa daftar kata pada diagram dan teks cerpen siswa. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik pengelompokan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dua kali pertemuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen mengalami peningkatan setelah diterapkan teknik pengelompokan. Peningkatan meliputi peningkatan proses yang diindikasikan dengan keadaan pembelajaran yang kondusif, siswa berkonsentrasi, antusias dan aktif. Peningkatan hasil meliputi peningkatan peningkatan hasil pengembangan tokoh pada siklus I sebesar 16% dan meningkat pada siklus II menjadi 72%. Peningkatan pengembangan alur dan latar pada siklus I belum menunjukkan hasil akan tetapi meningkat pada siklus II sebesar 72%. Pada aspek pemilihan sudut pandang siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 25% menjadi 81% pada siklus II. Pada pemilihan tema dan judul pada siklus I sebesar 25% meningkat menjadi 72% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru agar teknik pengelompokan bisa diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dan bentuk menulis kreatif lain dengan memperhatikan diagram sebagai media. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar dilakukan penelitian yang sama terhadap kompetensi dasar yang lain dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas