Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian air mineral Aqua (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) oleh Kurnia Fatma S.
PenulisFatma S., Kurnia
Pembimbing1. DJOKO DWI KUSMAJANTO ; 2. SOPIAH
Penerbitan2010, S1 Program Studi Manajemen.
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN MEMBELI
2. PRODUK, ATRIBUT
LabelRs 658.8343 FAT p
Abstrak

Kata Kunci: Atribut Produk, Keputusan Pembelian



Globalisasi saat ini membawa dampak yang sangat besar terhadap persaingan dunia bisnis yang semakin ketat, terutama pada pemasaran dan produk yang dihasilkan. Daya tarik suatu produk tidak dapat dilepaskan dari atribut produk yang ada, karena atribut produk merupakan salah satu dari wujud nyata suatu produk. Atribut produk dapat menjadi pendorong bagi konsumen untuk membeli, karena tidak jarang keputusan untuk membeli suatu produk terjadi karena pengaruh atribut produk yang ada pada produk tersebut. Atribut produk merupakan alat yang cukup efektif dalam mempengaruhi konsumen, melalui atribut produk dapat merangsang konsumen untuk melakukan pembelian produk dan memakai produk tersebut secara berulang-ulang. Oleh karena itu atribut produk sebaiknya tetap jadi perhatian karena atibut produk dapat menimbulkan pengaruh konsumen untuk melakukan pembelian.



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel atribut produk terhadap keputusan pembelian produk air mineral Aqua. Penelitian ini mempunyai 2 variabel, yaitu variabel independen (X) yang terdiri dari Harga (X1), Mutu (X2), Merek (X3), dan Kemasan (X4), dan variabel dependen (Y) Keputusan Pembelian.



Penelitian dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menggunakan analisis regresi berganda. Data diperoleh dengan teknik kuesioner. Populasi dalam penelitian in termasuk infinite population dimana populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang pernah mengkonsumsi air mineral Aqua. Setelah melakukan observasi awal terlebih dahulu kepada 40 responden, maka ditentukan bahwa sampel yang akan diambil sebanyak 73 orang. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dimana accidental sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan cara siapa saja yang bertemu dengan peneliti pada waktu penyebaran kuesioner dapat dijadikan sebagai sampel jika dipandang cocok dan memenuhi syarat yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang perna mengkonsumsi air mineral Aqua. Analis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows 12,0.









Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian menyatakan (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Mutu berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) Kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.



Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan X1 (Harga), X2 (Mutu), X3 (Merek) dan X4 (Kemasan) baik secara simultan/ bersama-sama maupun parsial/ sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap Y (Keputusan Pembelian Konsumen).



Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah bagi perusahaan (1) Hasil penelitian ini menunjukkan atribut produk, khususnya variabel merek mempunyai pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian, oleh sebab itu perusahaan harus selalu menjaga merek Aqua yang menjadi ciri khas dari produk Aqua, (2) Secara simultan menunjukkan bahwa variabel harga, mutu, merek,dan kemasan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral Aqua pada Mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sehingga saran peneliti yaitu pihak Aqua harus menjaga dan meningkatkan atribut produk yang ditawarkan agar konsumen merasa puas dengan apa yang dirasakan saat ini. Bagi peneliti berikutnya adalah peneliti menyarankan pada penelitian selanjutnya untuk menambah variabel lain selain dimensi atribut produk (harga, mutu, merek, dan kemasan) misalnya variabel bukti fisik, iklan, dan rekomendasi, sehingga diharapkan nantinya dapat diperoleh perkembangan penelitian tentang pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas