Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh manajemen laba dan profitabilitas terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEI periode 2006-2008 oleh Betty Fajarini
PenulisFajarini, Betty
Pembimbing1. MOHAMMAD HARI ; 2. YULI SOESETIO
Penerbitan2010, S1 Program Studi Manajemen.
Subyek1. SAHAM, RETURN
2. PROFITABILITAS
LabelRs 332.632 FAJ p
Abstrak

Kata kunci: Manajemen Laba, Profitabilitas, dan Return.





Manajemen Laba adalah campur tangan pihak manajemen untuk mengelola laba dengan maksud untuk memberikan gambaran yang baik mengenai kondisi perusahaan kepada pemegang saham. Manajemen laba dapat dilakukan dengan cara menaikkan atau menurunkan laba. Laba perusahaan yang tinggi dipercaya dapat menumbuhkan kepercayaan seorang investor untuk berinvestasi. Semakin tingi investasi tentu akan semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapat, sehingga hal ini diyakini akan berpengaruh terhadap return saham.

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Jika profitabilitas sebuah perusahaan meningkat, maka dampak akhirnya adalah peningkatan profitabilitas yang dimiliki pemegang saham berupa return saham.

Return adalah perbedaan nilai saham sebelumnya dengan nilai sekarang, yang akan dibagikan kepada investor. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEI periode 2006-2008. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan purposive sampling. Variabel independen terdiri dari manajemen laba yang diproksikan dengan Discretionary Accruals, dan profitabilitas dengan Return On Asset. Sedangkan variabel dependennya adalah Return Saham. Data yang digunakan dalam peneitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham penutupan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil analisis penelitian adalah sebagai berikut: 1 a) Discretionary Accruals selama tiga tahun penelitian adalah -0,00041 yang berarti sebagan besar perusahaan sampel melakukan manajemen laba dengan pola income decreasing (mean bertanda negatif), b) Rata-rata nilai ROA selama tiga tahun penelitian adalah 0,10489, c) Rata-rata nilai Return Saham selama tiga tahun penelitian adalah 0,18142; 2) Tidak terdapat pengaruh manajemen laba terhadap return, yang terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,220; 3) Tidak terdapat pengaruh profitabilitas terhadap return, yang terbukti dari nilai signifikansi sebesar 0,629; 4) Tidak terdapat pengaruh manajemen laba dan profitabilitas secara simultan tidak berpengaruh terhadap return, yang terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,724.

Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperbesar jumlah sampel dan menggunakan sampel pada perusahaan-perusahaan besar atau perusahaan yang masuk dalam kategori LQ-45, sehingga hipotesis dapat terjawab. Penelitian yang selanjutnya juga diharapakan dapat memperpanjang periode atau rentang waktu penelitian, dan meneliti variabel lain yang berkaitan dengan manajemen laba dan profitabilitas.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas