Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh persepsi konsumen tentang kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada konsumen motor Yamaha Mio di Kota Malang) oleh Nela Piska Aprilia
PenulisAprilia, Nela Piska
Pembimbing1. HENY KUSDIYANTI ; 2. AFWAN HARIRI AGUS PROHIMI
Penerbitan2011, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN MEMBELI
2. PRODUKSI, KUALITAS
LabelRs 658.8343 APR p
Abstrak

Kata kunci: kualitas produk, keputusan pembelian.





Era globalisasi dan pasar bebas, berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek yang membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen. Konsumen bebas memilih produk dan merek yang akan dibelinya. Keputusan membeli ada pada diri konsumen. Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli produk dan merek tertentu. Kualitas produk seringkali menjadi bahan pertimbangan khusus bagi konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk yang dibutuhkan. Dengan semakin meningkatnya kemampuan konsumen dalam melihat kualitas produk sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan pembelian suatu produk sesuai dengan kebutuhan mereka, maka kualitas produk yang ditawarkan produsen harus benar-bernar terjamin. Dan kualitas produk itu sendiri terdiri dari kinerja, keandalan, konformasi, dan kemampuan pelayanan yang akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan kualitas produk dan keputusan pembelian motor Yamaha Mio di kota Malang, pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan antara kualitas produk yang terdiri dari kinerja, keandalan, konformasi, dan kemampuan pelayanan, dan untuk mengetahui dimensi kualitas produk yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Mio di kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner tertutup. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap menyiapkan kuesioner yang diperlukan, kemudian menyebarkan kuesioner kepada responden yang sesuai dengan karakteristik penelitian, mentabulasi data yang telah diperoleh, dan menganalisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini adalah: (1) kondisi kualitas produk Yamaha Mio pada dimensi kinerja, keandalan, konformasi, dan kemampuan pelayanan terbilang baik. (2) ada pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan antara kualitas produk yang meliputi kinerja, keandalan, konformasi, dan kemampuan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen motor Yamaha Mio di kota Malang. (3) dimensi kualitas produk yang berpengaruh paling dominan adalah dimensi konformasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan, (1) Bagi perusahaan Yamaha sebaiknya lebih meningkatkan kemampuan pelayanannya seperti ketersedian spare parts atau bahan pengganti, tempat perbaikan yang mudah dijumpai, serta pelayanan lain sebagai respon dari keluhan konsumen. Sedangkan untuk variabel

lainnya yaitu: kinerja, keandalan, dan konformasi sebaiknya mempertahankan atau meningkatkannya sehingga konsumen akan semakin loyal.

Dan (2) untuk penelitian lain sejenis yang akan datang, diharapkan menambah variabel lain untuk dimasukkan dalam penelitian, mengingat nilai R2 dan nilai Adjusted R square dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan pengaruh kualitas produk yang tidak terlalu besar terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas