Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media CD interaktif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VII bilingual SMPN 2 Malang oleh Devanti Intania Sari
PenulisSari, Devanti Intania
Pembimbing1. EDI SUHARTONO ; 2. SITI AWALIYAH
Penerbitan2010, S1 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subyek1. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 323.607 SAR p
Abstrak

Kata-kata Kunci: CD Interaktif, Minat, Hasil Belajar.





Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dituntut untuk dapat menguasai model pembelajaran dan menyesuaikannya dengan materi pelajaran, sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran dengan baik. Berdasarkan obsevasi Di SMP Negeri 2 Malang khususnya kelas bilingual masih belum adanya pembelajaran yang menggunakan media CD interaktif, padahal di kelas tersebut bisa memanfaatkan fasilitas yang mereka miliki, dikarenakan setiap siswa mempunyai laptop sendiri-sendiri. Dalam belajar PKn Siswa cenderung pasif, kurang bersemangat belajar, metode yang di terapkan guru yaitu metode- metode ceramah dan diskusi kecil serta nilai hasil ulangan mereka rerata 59.44 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 29.62 %. Sehingga perlu adanya perbaikan. Kondisi demikian membutuhkan suatu perubahan dalam menerapkan model pembelajaran agar siswa tidak bosan dalam belajar PKn. Salah satu model pembelajaran yang perlu diterapkan adalah penggunaan media CD interaktif.

Peneltian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendiskripsikan penggunaan media media pembelajaran CD Interaktif pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) dapat meningkatkan minat siswa dalam mata pelajaran PKn di kelas VII bilingual SMPN 2 Malang. (2) Untuk mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran CD Interaktif pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn di kelas VII bilingual SMPN 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I bilingual di SMP Negeri 2 Malang yang terdiri dari 27 siswa. Minat siswa selama penelitian diamati dengan menggunakan instrumen yang berupa angket minat siswa dan hasil belajar siswa diukur dengan instrumen berupa tes yang diberikan pada siklus I dan siklus II. Untuk menunjang data penelitian digunakan data aktifitas guru selama pembelajaran dan foto siswa. Data yang di peroleh, dianalisis secara deskritif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa minat siswa meningkat, yaitu 3 siswa atau 11.11 % meningkat menjadi 19 siswa atau 90.47%. Diketahui pada Siklus I rerata 74.44 dan ketuntasan belajar klasikal 62.96%, yang belum mencapai ketuntasan belajar 85%. Sedangkan pada siklus II dengan rerata 79.44 dengan ketuntasan klasikal 88.88. %. Hal ini menunjukan telah mencapai nilai ketuntasan belajar 85% dan hasil belajar siswa sudah tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru mata pelajaran PKn dapat menggunakan media CD interaktif yang disesuaikan dengan materi selama proses pembelajaran.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas