Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode cooperative learning model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran (studi pada kelas X APK SMK Negeri 1 Jombang) oleh Atik Dwi Wahyuni
PenulisWahyuni, Atik Dwi
Pembimbing1. SARBINI ; 2. IMAM BUCHORI
Penerbitan2011, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Subyek1. ADMINISTRASI PERKANTORAN - PRESTASI BELAJAR
2. ADMINISTRASI PERKANTORAN - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ST (SNOWBALL THROWING)
LabelRs 651.3076 WAH p
Abstrak

Kata kunci: Model Snowball Throwing, Hasil Belajar, PTK.



Berdasarkan hasil pengamatan awal, wawancara guru dan siswa menunjukkan bahwa selama ini guru yang mengajarkan mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X APK belum pernah menggunakan model Snowball Throwing dalam mengajar di SMK Negeri 1 Jombang. Pada saat belajar kelompok atau berdiskusi, anggota yang kurang aktif hanya diam saja dan tidak memperhatikan materi sedangkan anggota yang aktif tidak berusaha untuk memotivasi anggotanya untuk bekerjasama dalam mempelajari suatu materi. Sehingga tampak anggota yang aktif akan menonjol sedangkan anggota yang kurang aktif maka akan tidak paham akan materi. Hal tersebut juga berpengaruh pada hasil belajar siswa dimana siswa yang aktif maka hasil belajarnya akan memuaskan sedangkan siswa yang kurang aktif hasil belajarnya akan kurang memuaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Snowball Throwing.

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai 28 Oktober 2010. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Jombang yang terdiri dari 40 siswa. Langkah-langkah model ini ialah kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian berdiskusi mengenai materi yang sudah diterangkan oleh guru, membuat pertanyaan tentang materi dalam selembar kertas, kertas tadi diremas-remas seperti bola dan dilempar ke siswa yang lain. Kemudian siswa menjawab pertanyaan yang diperolehnya secara langsung. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Snowball Throwing yang dilakukan dalam mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran siswa kelas X APK di SMK Negeri 1 Jombang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 31,12% dari sebelum dilakukan tindakan dengan melihat rata-rata ulangan harian sebelumnya dengan setelah dilaksanakan tes akhir siklus 1. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I dibandingkan siklus II terjadi peningkatan sebesar 7%.



Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan bahwa dalam menerapkan model Snowball Throwing hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan oleh guru. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar tidak hanya menilai hasil belajar tapi juga menilai segala aktivitas atau keaktifan setiap siswa dalam melaksanakan langkah-langkah model ini.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas