Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh gaya kepimpinan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan pabrik rokok bagian produksi PT. Cakra Guna Cipta malang oleh Citra Purbasari
PenulisPurbasari, Citra
Pembimbing1. BUDI EKO SOETJIPTO ; 2. SARBINI
Penerbitan2010, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. KARYAWAN, KINERJA
2. KEPEMIMPINAN, MODEL
LabelRs 658.314 PUR p
Abstrak

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan.





Gaya kepemimpinan merupakan suatu pola perilaku kerja pemimpin yang nyata dan konsisten untuk mempengaruhi para karyawan atau bawahannya untuk diarahkan kedalam pencapaian tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Dalam hal ini pemimpin harus menerapkan gaya kepemimpinan yang baik untuk menghadapi situasai kerja dalam perusahaannya, selain itu pemimpin juga harus berupaya menciptakan dan memelihara hubungan yang baik dengan para karyawannya agar mereka dapat merasakan kepuasan kerja yang di dapat karena dengan adanya gaya kepemimpinan yang baik dan dapat di terima oleh karyawan maka akan menimbulkan kenyamanan dalam bekerja. Dengan adanya kenyamanan yang dirasakan maka para karyawan juga akan bekerja dengan penuh semangat sehingga akan menimbulkan kepuasan yang maksimal. Dengan adanya kepuasan yang maksimal dari karyawan maka akan dapat meningkatkan kinerjanya, sehingga karyawan menjadi lebih rajin bekerja dan dapat menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada pabrik rokok PT. Cakra Guna Cipta Malang.

Penelitian ini dilaksanakan di pabrik rokok PT. Cakra Guna Cipta Malang pada bulan Juli hingga Agustus 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tenaga kerja langsung bagian produksi yang berjumlah 884 karyawan, sedangkan sampelnya diambil sebanyak 90 karyawan dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random acak sederhana (simple random sampling)



Dalam penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu gaya kepemimpinan (X), , variabel intervening yaitu kepuasan kerjai (Z), dan variabel terikat kinerja karyawan (Y). Instrumen penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji, sehingga untuk uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Analisis data yang dipakai adalah analisis jalur (Path Analysis). Tujuan dari analisis jalur adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antar variabel.

Hasil penelitian ini dapat diketahui : (1) Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Cakra Guna Cipta Malang (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Cakra Guna Cipta Malang (3) terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Cakra Guna Cipta Malang. (4) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan

terhadap kinerja karyawan lebih besar daripada pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan secara tidak langsung pada PT. Cakra Guna Cipta Malang.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka disarankan agar dalam penelitian lebih lanjut dapat menambah jumlah waktu atau periode pengamatan dari sampel penelitian dan dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar pihak pimpinan pabrik rokok PT. Cakra Guna Cipta, Malang hendaknya lebih mempertahankan situasi yang sudah ada dan sesuai dengan gaya kepemimpinan yang ada, serta menggunakan gaya kepemimpinan yang kondisional sehingga dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan sehingga akan menimbulkan kepuasan kerja yang nantinya akan dapat mewujudkan kinerja karyawan yang baik dan dapat berdampak pula pada kemajuan perusahaan, antara pimpinan dan karyawan dalam perusahaan juga harus dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis dengan cara menjalin komunikasi yang baik di dalam lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas