Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik untuk meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang oleh Ita Maurina Islami
PenulisIslami, Ita Maurina
Pembimbing1. IRHAMNI ; 2. ALI MA'SUM
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Jurusan Sastra Arab. 2010
Subyek1. BAHASA ARAB - MENULIS, KEMAMPUAN
LabelRs 808.04927 ISL p
Abstrak

Kata Kunci: Kalimat tanya (5W+1H), gambar tematik, kemahiran menulis.





Penggunaan media dalam proses belajar mengajar sangatlah penting untuk membangkitkan minat siswa dalam belajar, sehingga hasil yang diperolehnya pun akan meningkat. Penggunaan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik adalah salah satu model pembelajaran menulis bahasa Arab yang menggunakan media gambar tematik. Gambar tematik merupakan gambar tunggal yang mempunyai tema tertentu yang terdiri atas unsur-unsur yang berkaitan dengan gambar dan berukuran besar. Kalimat tanya (5W+1H) yang terdiri atas madza, man, aina, mata, limadza dan kaifa berfungsi untuk mendorong dan mengarahkan siswa untuk berfikir dan mengungkapkan idenya dalam bentuk tulisan.



Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang dan mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang



Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui pre tes, post tes siklus I, dan post tes siklus II, sedangkan teknik non tes dilakukan dengan wawancara, penyebaran angket, observasi dan dokumentasi.Untuk melakukan analisis hasil validasi temuan, peneliti melakukan pengumpulan dan pengecekan data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan dua kali pertemuan dalam tiap siklusnya, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pertemuan pertama untuk pembelajaran qira'ah dan pengedrillan kosa kata sedangkan pertemuan kedua untuk pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik.



Pembelajaran menulis dengan menggunakan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik pada siklus I sudah mulai tampak antusiasme siswa dalam belajar. Disisi lain, sebaiknya guru terlebih dahulu mengedrillkan kosa kata yang berhubungan dengan tema materi, agar siswa tidak menanyakan secara terus menerus mufrodat yang akan mereka tulis. Hasil pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang meningkat, hal ini terlihat pada hasil pos tes siklus I yang menunjukkan jumlah skor rata-rata nilai 70 dengan 54% siswa dikategorikan tuntas dan 46% belum mencapai nilai standar. Penerapan pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik pada siklus II siswa sudah berani mengungkapkan dan mengembangkan idenya dalam tulisan sehingga hasilnya pun memuaskan, hal ini dapat pada pos tes silkus II jumlah skor rata-rata nilai 79 dengan 75% siswa dikategorikan tuntas dan 25% siswa dikategorikan belum tuntas sedangkan standar ketuntasan minimal (SKM) yang yang digunakan 75.



Oleh karena itu, disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran berbasis media gambar sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis bahasa Arab siswa. Agar peneliti lain untuk mengembangkan dan memperluas cakupan penelitian dengan subjek yang berbeda dan paparan yang lebih luas dan lebih baik.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.