Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Malang oleh Syahrita Rochmah
PenulisRochmah, Syahrita
Pembimbing1. MOH. AININ ; 2. IBNU SAMSUL HUDA
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. 2011
Subyek1. BAHASA ARAB (PENDIDIKAN DASAR) - KOSAKATA. PENGUASAAN
LabelRs 372.65927 ROC p
Abstrak

Kata kunci: penguasaan kosa kata, kooperatif, make a match





Adanya perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi dalam dunia pendidikan menuntut adanya inovasi dan variasi metode-metode pembelajaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas hasil belajar dimana hal tersebut merupakan tujuan pembelajaran. Karena salah satu kunci tercapainya tujuan pembelajaran adalah dengan memperbaiki metode yang digunakan. Hasil survei lapangan menyebutkan metode pembelajaran yang digunakan di SD Muhammadiyah 1 Malang dinialai kurang memicu motivasi siswa, khususnya dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Akibatnya hasil penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa rendah. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diterapkan adalah metode pembelajaran yang bersifat kooperatif yang dapat menimbulkan semangat dan mempermudah siswa untuk memahami makna kosa kata bahasa Arab.



Tujuan penelitian ini secara umum adalah meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa dengan pendekatan kooperatif model make a match. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kosa kata bahasa Arab dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan penguasaan kosa kata bahasa Arab setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.



Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Malang yang sedang menempuh semester ganjil 2010/2011. Data dalam penelitian ini berupa informasi tentang aktifitas guru dan siswa serta hasil nilai tes awal dan tes akhir dalam tiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Langkah-langkah yang ditempuh peneliti adalah: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun tahap-tahap penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.



Hasil penelitian dari penerapan pembelajaran kosa kata dengan metode cooperative learning tipe make a match menyebutkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar yang terkait dengan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa yang berarti dari tiap siklusnya dan juga dari tes awal sebelum tindakan. Rata-rata hasil tes awal pra tindakan adalah 49. Hasil tes pada siklus I 80 dan tes pada siklus II 88. Dari hasil tes tersebut maka dapat diketahui peningkatan terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa dari siklus I ke siklus II.



Disarankan kepada guru bahasa Arab SD Muhammadiyah 1 Malang, hendaknya meningkatkan profesionalisme dan kualitas PBA dengan menciptakan inovasi dan variasi metode maupun media PBA. Kepala Sekolah, hendaknya mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian guru dalam PBA berbasis metode kooperatif. Siswa, hendaknya lebih disiplin dan teratur dalam melaksanakan proses pembelajaran model make a match dan lebih bersemangat dalam belajar bahasa Arab. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dengan diaplikasikan pada keterampilan bahasa Arab yang lainnya. Jurusan Sastra Arab, untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan berbagai macam metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas