Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kodya Blitar oleh Ika Fitrikuslina Dewi
PenulisDewi, Ika Fitri Kuslina
Pembimbing1. SUHEL MADYONO ; 2. SRI NURYATI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PGSD. 2011
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) - BERBICARA, KETERAMPILAN
2. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) - BERBICARA - PEMBELAJARAN MODEL RP (ROLE PLAYING)
LabelRs 372.622 DEW m
Abstrak

Kata kunci: berbicara, metode role playing.



Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah yang terjadi di SDN Turi 01 dalam mengajar keterampilan berbicara guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga siswa merasa bosan dan tidak ada ketertarikan untuk belajar. Pemilihan metode dalam mengajar sangatlah menentukan hasil belajar siswa. Jika guru dalam pembelajaran menggunakan metode yang tepat maka hasil belajar siswa akan baik. Begitu juga sebaliknya, jika guru dalam mengajar tidak menggunakan metode yang tepat maka dalam pembelajaran tidak akan berhasil. Berdasarkan latar belakang dalam pembelajaran di kelas III maka masalah yang muncul adalah bagaimana penerapan metode role playing siswa kelas III, dan apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.



Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN Turi 01 Kodya Blitar. Teknik analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, yaitu pada penggunaan lafal, intonasi dan ekspresi hasil yang diperoleh pada tahap pratindakan rata-rata nilai siswa 71,71%, pada siklus I naik menjadi 86,64%, pada siklus II naik menjadi 94,10%. Pada aspek keruntutan dan kelancaran berbicara hasil yang diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 69,50%, pada siklus I naik menjadi 84,54%, pada siklus II naik menjadi 93,93%.



Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara Kelas III MI SDN Turi 01 Kodya Blitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran inovatif role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Selain itu, guru juga harus aktif mencari informasi mengenai metode pembelajaran inovatif yang lain agar menambah pengetahuannya mengenai metode pembelajaran serta dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai untuk masalah pembelajaran yang sedang dihadapi.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas