Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan cat minyak terapung di air dalam upaya meningkatkan kemampuan seni dan motorik anak di TK Plus Al-Kautsar MAlang oleh Yuli Setyorini
PenulisSetyorini, Yuli
Pembimbing1. USEP KUSTIAWAN ; 2. SUPRIJANTA
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PAUD. 2011
Subyek1. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK) - KEMAMPUAN DIRI
LabelRs 372.218019 SET p
Abstrak

Kata Kunci: Cat Minyak Terapung, Kemampuan, Seni dan motorik





Penerapan cat minyak terapung di air merupakan kegiatan membuat kreasi gambar bebas (gambar ekspresi bercorak abstrak) yang dilakukan dengan cara menuang cat minyak ke dalam wadah yang berisi air sebagai sarana berekspresi, ungkapan perasaan sesuai dengan imajinasinya. Dari observasi yang telah dilakukan, kemampuan menggambar bebas pada anak kelompok B masih mencapai 47% dari kemampuan yang diharapkan. Anak kurang tertarik terhadap kegiatan menggambar bebas karena pembelajaran yang sering digunakan selama ini kebanyakan adalah melipat, menempel dan menggunting sehingga anak kurang mampu mengekspresikan perasaan, emosi, dan pengalamannya ke dalam bentuk gambar dan dalam diri anak muncul perasaan bahwa tidak pandai menggambar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti memilih penggunaan cat minyak terapung di air dengan tujuan anak bisa menciptakan gambar dengan warna-warna yang menyenagkan sehingga mereka merasa bangga akan keberhasilannya dalam kegiatan membuat kreasi gambar bebas yang bercorak abstrak.



Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan tujuan penelitian yaitu 1) untuk mendeskripsikan penerapan menggambar bebas dengan cat minyak terapung di air, 2) untuk mendeskripsikan motorik halus anak yang dibelajarkan dengan kegiatan menggambar bebas dengan cat minyak terapung di air, 3)mendeskrpsikan apakah kegiatan menggambar bebas dengan cat minyak terapung di air mampu meningkatkan kemampuan seni anak.



Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2010 di TK Plus Al-Kautsar Malang dengan subjek penelitian sebanyak 24 anak. Metode yang digunakan yaitu PTK dengan menggunakan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa diskriptif.



Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menggambar bebas sejumlah 7% dengan skor rata-rata sebesar 53% pada siklus I, selanjutnya pada siklus II meningkat lagi sejumlah 32% dengan skor rata-rata sebesar 85%.



Dengan terselesaikannya penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cat minyak terpaung di air di rasa cukup untuk memfasilitasi anak dalam kegiatan berkreasi seni melalui kegiatan menggambar secara bebas bercorak abstrak sesuai dengan keinginan anak utamanya kelompok B TK Plus Al-Kautsar Malang.



Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan 1) guru hendaknya menggunakan cat minyak dalam kegiatan berkreasi seni dalam menggambar bebas, 2) bagi sekolah hendaknya memfasilitasi kebutuhan anak dengan menggunakan berbagai media sesuai dengan perkembangan anak dalam kegiatan menggambar bebas untuk menumbuhkan kretivitas anak.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.