Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran sains "Sifat-sifat cahaya" di SDN Pohsangit ngisor Kabupaten Probolinggo oleh Rilvan Uzwardani
PenulisUzwardani, Rilvan
Pembimbing1. ANSELMUS J.E. TOENLIOE ; 2. AGUS WEDI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Jurusan Teknologi Pendidikan. 2011
Subyek1. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
3. CAHAYA - SIFAT
LabelRs 372.357044 UZW p
Abstrak

Kata Kunci : Penerapan CTL, Aktivitas, Hasil Belajar.





Pendidikan saat ini dalam peranan pemerintah mengupayakan agar pendidikan lebih memiliki makna yang berfungsi, dan lebih maju untuk perkembangan zaman, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya proses belajar mengajar pada pembelajaran sains di SDN Pohsangit Ngisor, peran siswa hanya terikat dengan apa yang guru inginkan dalam pembelajaran bukan dari pengetahuan siswa sendiri yang muncul. Sehingga hal itu akan mempengaruhi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Maka diperlukan konsep belajar mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu melalui pembelajaran kontekstual.



Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) melalui penerapan CTL diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Sains. (2) melalui penerapan CTL diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dalam pelaksanaan pembelajaran Sains.



Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penerapan CTL pada pembelajaran sains siswa kelas V dengan pokok bahasan sifat-sifat cahaya yang dilaksanakan pada 2 siklus. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011.



Dalam pelaksanaan tindakan siklus I terdapat kekurangan yang peneliti temukan yaitu pada aspek appersepsi atau motivasi, pengelolaan kelas yang dilakukan guru belum maksimal, waktu yang kurang efisien, siswa kurang aktif dalam bertanya dan menjawab, pemodelan pembelajaran oleh guru yang kurang. Maka dilakukan perbaikan yaitu guru harus lebih kreatif, guru harus lebih memperhatikan lingkungan kelas yang kondusif dengan membimbing siswa agar siswa berani bertanya dan menjawab. Sehingga pada pelaksanaan tindakan siklus II proses belajar mengajar sudah lebih baik dengan didapatkan hasil belajar lebih baik pula. Berikut data penilaian aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pohsangit Ngisor Kabupaten Probolinggo dalam pembelajaran sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya (1) aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan penilaian kriteria siswa yang sangat aktif 11,1 %, aktif 55,5%, cukup aktif 22,2%, kurang aktif 11,1; (2) penilaian sikap aktivitas siswa dalam diskusi kelompok menununjukkan nilai rata-rata baik 53,7%, cukup 40 %, kurang 6,2%; (3) mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II menjadi siswa yang sangat aktif 22,2 %, aktif 66,6 %, cukup aktif 11,1%, kurang aktif tidak ada; (4) penilaian sikap aktivitas siswa dalam diskusi kelompok menunjukkan nilai rata-rata baik 72,5%, cukup 25,7 %, kurang 1,7%; (5) hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan peningkatan pada siklus I menunjukkan ketuntasan siswa 74,3%; (6) ketidaktuntasan 25,7%; (7) pelaksanaan siklus II menunjukkan 88,6%. Dengan ketidaktuntasan siswa 11,4%.



Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut : (1) dalam proses pembelajaran CTL diharapkan peran guru lebih kreatif dalam memotivasi siswa (2) proses pembelajaran yang baik diperlukan media pembelajaran yang menarik (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan pembelajaran CTL sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas