Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA N 1 Kepanjen oleh Sri Wahyuni
PenulisWahyuni, Sri
Pembimbing1. MUDJIHARTONO ; 2. PURBO SUWASONO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi Pendidikan Fisika. 2011
Subyek1. FISIKA - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 530.076 WAH p
Abstrak

Kata kunci : Model pembelajaran Generatif, minat belajar fisika, prestasi belajar fisika





Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X.6 SMAN 1 Kepanjen, diperoleh informasi bahwa guru sudah pernah menerapkan beberapa metode pembelajaran inovatif tetapi masih belum menampakkan hasil, guru masih sering menggunakan metode klasikal dengan proses pembelajaran berpusat pada guru, berdasarkan data awal diperoleh nilai ulangan harian sebelum tindakan sebe-sar 50,17 dan memenuhi KKM (75) hanya 20% siswa yang lulus. Guru menyam-paikan materi menggunakan tayangan slide, sedangkan siswa hanya mendengar-kan sambil mencatat dan pada akhir pembelajaran mengkopi slide tayangan guru. Metode klasikal yang diterapkan oleh guru dapat membuat minat belajar fisika siswa berkurang dan mempengaruhi hasil prestasi belajar fisika. Model pembela-jaran menurut peneliti yang cocok diterapkan untuk dapat menumbuhkan minat siswa adalah Model Pembelajaran Generatif. Model ini memung-kinkan siswa untuk mengintegrasikan secara aktif pengetahuan barunya dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembe-lajaran Generatif sehingga dapat meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 di SMAN 1 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan meng-gunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes, angket dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas X.6 SMAN 1 Kepanjen dengan jumlah 30 siswa.



Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMAN 1 Kepanjen mengalami pening-katan. Minat belajar fisika berdasarkan angket mengalami peningkatan dari sebe-lum tindakan dan sesudah tindakan sebesar 2,453 menjadi 2,928. Hasil minat ber-dasarkan hasil lembar observasi pada siklus I sebesar 64,59% menjadi 85,42% pada siklus II. Peningkatan Prestasi belajar fisika siswa dapat dilihat dari mening-katnya aspek kognitif dari skor 83 pada siklus I menjadi skor 94 atau meningkat sebesar 13,3% pada siklus II.



Berdasarkan keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif mampu meningkatkan minat belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas