Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran pada siswa kelas V SD oleh Sri Hartatik
PenulisHartatik, Sri
Pembimbing1. SRI HARMINI ; 2. ENDANG SETYO WINARNI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PGSD. 2011
Subyek1. ARITMATIKA (PENDIDIKAN DASAR) - STUDI DAN PENGAJARAN
LabelRs 372.72044 HAR p
Abstrak

Kata kunci: pemecahan masalah, operasi hitung campuran, bilangan, SD





Hasil pre test matematika kelas V untuk materi semester I yang diujikan kepada siswa kelas V SDN Kromengan 04 menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada operasi hitung campuran mendapatkan nilai terendah. Siswa tidak terampil dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran berdasarkan pendekatan pemecahan masalah yaitu dengan tahap pemahaman terhadap masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan pemecahan masalah dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah,



Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan keterlaksanaan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran pada siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang, 2) mendeskripsikan aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah, 3) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran setelah diterapkan pendekatan pemecahan masalah.



Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan pada setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) penyusunan rencana, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 25 siswa.



Berdasarkan tes pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa masih jauh dari harapan yaitu 55,04 dibawah standar KKM yang ditetapkan SDN Kromengan 04 yaitu 65. Hasil pre tes menunjukkan 0% siswa dengan nilai 81-100 kategori A, 24% siswa dengan nilai 61-80 kategori B, 72% siswa dengan nilai 41-60 kategori C, 4% siswa dengan nilai 21-40 kategori D dan 0% siswa dengan nilai 0-20 kategori E. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan pendekatan pemecahan masalah, diketahui bahwa: rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 77,97 dan siklus II meningkat menjadi 81,70; 2) rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 55,04, pada siklus I meningkat 52% menjadi 67,36 dan pada siklus II meningkat 16% menjadi 85,16. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang.



Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran siswa kelas V SDN Kromengan 04 Kabupaten Malang.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas