Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran VCT untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IIIB pada mata pelajaran IPS di SDN Purwantoro 2 Kota Malang oleh Ratna Julianti
PenulisJulianti, Ratna
Pembimbing1. SRI SUGIHARTI ; 2. IMAM NAWAWI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PGSD. 2011
Subyek1. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.83 JUL p
Abstrak

Kata Kunci: model pembelajaran VCT, proses belajar, hasil belajar, IPS SD.





Proses pembelajaran IPS menghendaki pengajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran serta dapat menemukan nilai-nilai yang terkandung sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran kelas di IIIB SDN Purwantoro 2 Malang menunjukkan bahwa, dari 40 siswa yang mendapatkan nilai ≥75 hanya 22 siswa (55%), sedangkan <75 sebanyak 18 siswa (45%). Selain itu, penilaian terhadap proses belajar sering diabaikan, setidaknya-tidaknya kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan penilian hasil belajar.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran VCT terhadap proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IIIB di SDN Purwantoro 2 Malang; (2) Mendeskripsikan peningkatan proses belajar IPS siswa kelas IIIB melalui penerapan model pembelajaran VCT; (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IIIB melalui penerapan model pembelajaran VCT.

Model pembelajaran VCT dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran IPS secara kompleks pada jenjang sekolah dasar, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi, proses belajar siswa dan keterampilan klarifikasi nilai siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIB SDN Purwantoro 2 Kota Malang, pada semeser genap tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif..

Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran VCT menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari siklus I mencapai 66,63% meningkat pada siklus II menjadi 76,08%. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 63,25 pada observasi awal menjadi 73,95 pada tindakan siklus I. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,65.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan model VCT untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dan penelitian ini dapat dijadikan langkah awal untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya diharapakan bisa lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa, sehingga kegiatan siswa dalam menemukan nilai-nilai dapat diaplikasikan dalam kehidupan


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas