Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model concept sentence untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang oleh Wilhelma Fenanlampir
PenulisFenanlampir, Wilhelma
Pembimbing1. M. IMRON ROSYADI ; 2. MURTININGSIH
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PGSD. 2011
Subyek1. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 372.83044 FEN p
Abstrak

Kata kunci: Model Concept Sentence, Proses dan Hasil Belajar, IPS SD





Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas IV SDN Lesanpuro III ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi, yaitu (1) Proses belajar siswa rendah yang ditandai oleh siswa kurang aktif dalam mencari atau menemukan pengetahuannya sendiri (2) kurangnya kerjasama dalam proses belajar (3) rendahnya hasil belajar siswa pada bidang studi IPS. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan pembaharuan dalam model pembelajaran. model pembelajaran yang sesuai adalah model concept sentence, yaitu model pembelajaran dimana siswa lebih diarahkan dan difokuskan untuk memahami serta menguasai kata kunci dari setiap materi yang disajikan oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan model Concept Sentence dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial; (2)Apakah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif model "Concept Sentence" dapat meningkatkan proses belajar siswa; (3) hasil belajar siswa.



Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, sedangkan siklus II dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan perbaikan rencana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lesanpuro III yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.



Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model concept sentence dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hal ini dilihat dari peningkatan proses belajar siswa dari siklus I pertemuan I ke siklus I pertemuan II, ke siklus II.



Perolehan rata-rata post test yang juga meningkat tajam, dari rata-rata sebelumnya (56,43%) mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata kelas sebesar (68%) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (54,8%) meningkat pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata kelas sebesar (75,6%) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (73,8%) meningkat pada siklus II dengan ratarata kelasnya sebesar (85,6%) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (92,9%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model concept sentence telah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah direncanakan dan mengalami peningkatan secara bertahap serta penerapan model concept sentence dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kelas IV SDN Lesanpuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan suatu variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model concept sentence pada materi lain yang sesuai.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas