Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan permainan joepardy untuk meningkatkan kemampuan membuat pertanyaan tertulis pada siswa kelas III SDN Kedawungwetan IV Grati-Pasuruan oleh Ainur Syafrilia
PenulisSyafrilia, Ainur
Pembimbing1. TOMAS IRIYANTO
PenerbitanTugas Akhir (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, TA Program Studi PJJ S1 PGSD. 2011
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) - BERTANYA, KETERAMPILAN
LabelRp 372.622044 SYA p
Abstrak

Kata Kunci: permainan Joepardy, pertanyaan tertulis, SD.





Bahasa Indonesia mencakup empat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan menulis mempunyai tujuan agar siswa dapat menuangkan ide, pikiran dalam bentuk tulisan, dapat membuat pertanyaan tertulis dan karangan dalam sebuah cerita. Penggunaan bahasa gabungan antara bahasa daerah dan bahasa Indonesia membuat siswa merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik sehingga mempengaruhi gaya tulisan siswa. Kesulitan yang dialami siswa salah satunya adalah membuat pertanyaan tertulis berdasarkan jawaban yang tersedia.



Berdasarkan pada latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat pertanyaan tertulis dengan menggunakan permainan Joepardy. Media tersebut cocok untuk pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di kelas III di Sekolah Dasar Negeri Kedawungwetan IV, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.



Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Tagart (1982). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, 3) refleksi, dan 4) perbaikan perencanaan. Pada pelaksanaan siklus 1, prosentase siswa masih belum tuntas mencapai 69% atau hanya 39% ketuntasan hasil belajar yang dicapai dengan rata-rata kelas 41,14. Pada siklus 2, prosentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 54,28% dengan rata-rata kelas 75,42.



Dari hasil pelaksanaan dan observasi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa membuat pertanyaan tertulis berdasarkan jawaban yang tersedia baik dari segi konsep penulisan maupun dari segi karakteristik jawaban yang diberikan dengan menggunakan permaian Joepardy. Sehingga dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran sudah memenuhi apa yang diharapkan yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas