Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan strategi kognitif dengan teknik taking notes untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI IPS 4 SMA Islam Malang oleh Nailul Izzah
PenulisIzzah, Nailul
Pembimbing1. AHMAD FUAD EFFENDY ; 2. ALI MA'SUM
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. 2011
Subyek1. BAHASA ARAB - MEMBACA
LabelRs 492.784 IZZ p
Abstrak

Kata Kunci : strategi kognitif, teknik taking notes, membaca teks bahasa Arab





Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan membaca teks bahasa Arab anak. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung membosankan dan strategi yang selalu sama pada setiap pertemuan sehingga membuat anak mudah lupa dengan materi yang telah disampaikan. Salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa adalah dengan menggunakan strategi kognitif teknik taking notes. Strategi kognitif adalah kemampuan internal seseorang untuk berfikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Sedangkan teknik taking notes adalah suatu cara untuk memudahkan siswa dalam memahami isi teks bacaan dengan mencatat hal-hal yang penting. Teknik ini sangat simple dan mudah diterapkan pada proses belajar mengajar.



Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks bahasa Arab dengan strategi kognitif teknik taking notes dan mendeskripsikan hasil peningkatan penguasaan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI IPS 4 SMAI Malang melalui penggunaan strategi kognitif dengan teknik taking notes.



Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Malang, Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 4 semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa. Rancangan penelitian menggunakan penelitan tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan pedoman wawancara.



Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam membaca teks bahasa Arab dengan teknik taking notes mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama siklus I diketahui pada sesi membaca nyaring sebagian besar siswa kurang total dalam mengeluarkan suara, namun di pertemuan ke dua sudah mengalami peningkatan. (2) siswa juga merasa terbantu dalam memahami isi teks bahasa Arab dengan teknik taking notes karena teknik ini sangat simpel dan mudah diterapkan.



Dari data yang di dapatkan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab mengalami peningkatan 32% pada siklus I dan 7% pada siklus II. Sedangkan dari hasil persentase ketuntasan belajar diperoleh 94% pada siklus I dan 100% pada siklus II.



Disarankan kepada para guru bahasa Arab sebaiknya menggunakan teknik pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan belajar mengajar, agar siswaii tidak bosan/ mengalami kejenuhan dalam belajar dan membantu memudahkan siswa dalam memahai pelajaran. Dan diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk penelitian yang akan menggunakan strategi kognitif teknik taking notes sebaiknya diterapkan pada kemahiran bahasa Arab yang lain agar lebih bervariasi lagi.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas