Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan hasil belajar soal cerita materi segiempat melalui penerapan teknik analisis kesalahan Newman bagi siswa kelas 7 SMPN 1 Sukodono Lumajang (RSBI) oleh Alfiyah
PenulisAlfiyah
Pembimbing1. SRI MULYATI ; 2. MAKBUL MUKSAR
PenerbitanTesis (Pasca Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S2 Program Studi Pendidikan Matematika. 2011
Subyek1. GEOMETRI - PRESTASI BELAJAR
LabelRt 516.15076 ALF m
Abstrak

Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Mulyati, M.Pd, dan (2) Dr. H. Makbul Muksar, M.Si.





Kata Kunci: RSBI, Hasil Belajar, Soal Cerita, Analisis Kesalahan Newman.





Sebagai rintisan SBI, maka ciri utama PBM adalah wajib menggunakan media komunikasi pembelajaran dengan berbahasa bilingual dalam teori, praktik, maupun dalam bentuk pembelajaran lainnya (diskusi, tanya jawab, penugasan dan sebagainya). PBM yang diterapkan dapat memanfaatkan komputer (Panduan pelaksanaan pembinaan SMP-RSBI tahun 2009). Sementara itu, siswa SMP kelas 7 umumnya baru pertama kali menggunakan bahasa Inggris dan Komputer, sehingga mereka sering mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita tersebut, mereka diantar untuk memahami masalah tersebut dengan memanfaatkan komputer, melalui pembelajaran yang mengintegrasikan antara pembelajaran matematika dan bahasa Inggris, yaitu pembelajaran dengan penerapan teknik analisis kesalahan Newman.

Kemampuan memahami materi (hasil belajar) segiempat terutama tentang kemampuan menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris materi segiempat masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian yang diperoleh siswa SMPN 1 Sukodono Lumajang di kelas 7A dan 7B tahun pelajaran 2008/2009, yaitu dengan rata-rata 72 untuk kelas 7A dan 73 untuk kelas 7B, padahal kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang adalah 80.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Analisis Kesalahan Newman yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita materi segiempat bagi siswa kelas 7 SMPN 1 sukodono Lumajang (RSBI) dan mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas 7 SMPN 1 Sukodono Lumajang (RSBI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-D SMPN 1 Sukodono Lumajang yang terdiri dari 30 siswa.

Keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris materi segiempat khusus dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek kemampuan memahami bahasa dan aspek hasil belajar. Aspek memahami bahasa dihitung dari rata-rata keberhasilan siswa pada langkah pembuatan kata kunci, penentuan yang diketahui, serta penentuan yang ditanyakan. Aspek hasil belajar dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris materi segiempat yang dihitung dari rata-rata keberhasilan siswa pada langkah penentuan metode yang digunakan, penulisan prosedur perhitungan, dan penulisan jawaban dari pertanyaan soal.

Pembelajaran pada siklus pertama, sebagian besar rencana tindakan yang dipersiapkan berjalan dengan baik, tetapi rata-rata nilai hasil tes 1 masih belum memenuhi target yang sudah ditetapkan. Pada siklus kedua siswa sudah merasakan manfaat dari setiap langkah pada metode Analisis Kesalahan Newman untuk menyelesaikan soal cerita, sehingga pada siklus kedua hampir semua siswa yang menjadi subyek penelitian berusaha melakukan setiap langkah pada Metode Analisis Kesalahan Newman, sehingga rata-rata nilai hasil tes 2 meningkat dan memenuhi target yang sudah ditetapkan.

Pembelajaran dengan Teknik Analisis Kesalahan Newman dapat digunakan sebagai suatu pembelajaran alternatif yang layak dipertimbangkan dalam pembelajaran soal cerita, dan perlu diterapkapkan secara berkesinambungan.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas