Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan hasil perkalian bilangan cacah dengan media kantung bilangan di kelas IV SDN Puspo IV Kecamatan Puspo oleh Na'imah
PenulisNa'imah
Pembimbing1. SRI HARMINI ; 2. TOMAS IRIYANTO
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PGSD. 2011
Subyek1. ARITMATIKA (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. ARITMATIKA (PENDIDIKAN DASAR) - MEDIA PEMBELAJARAN
3. PERKALIAN BILANGAN
LabelRs 372.72044 NAI m
Abstrak

Kata Kunci : Perkalian, Kantung Bilangan, Hasil Belajar





Dari hasil observasi ditemukan bahwa siswa di SDN Puspo IV Kecamatan Puspo, mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar mereka pada materi ini sangat rendah. Kesulitan dalam materi ini sangat berpengaruh pada pengerjaan materi lain dalam matematika yang berhubungan dengan perkalian. Hal ini ternyata terjadi karena kurang matangnya pemahaman siswa pada konsep nilai tempat pada perkalian. Berdasar keadaan tersebut, penggunaan media Kantung Bilangan sangatlah tepat untuk membantu pemahaman mereka.



Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penggunaan media Kantung Bilangan dalam meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah pada siswa kelas IV SDN Puspo IV kecamatan Puspo, dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah dengan media Kantung Bilangan di kelas IV SDN Puspo IV kecamatan Puspo.



Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dan bersiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Puspo IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan tes evaluasi.



Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan kelas, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra tindakan rata- rata 10.00, pada siklus I mencapai 86.70, siklus II mencapai rata-rata 81.67, serta ketuntasan belajar mencapai 86.67 %.



Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media Kantung Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah pada siswa. Dengan menerapkan Kantung Bilangan juga dapat meningkatkan dapat meningkatkan aktivitas (keaktifan, kerjasama) siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru, supaya dapat menggunakan media dalam pembelajaran Matematika, sehingga dapat membantu siswa memahami suatu konsep yang abstrak. Hasil penelitian ini dapat juga digunakan dalam penelitian- penelitian lain sebagai bahan perbandingan, sehingga di kemudian hari menjadi lebih baik


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas