Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan bermain balok angka susun untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Budi Rahayu Wonorejo Pasuruan oleh Sri Agustini
PenulisAgustini, Sri
Pembimbing1. MUCHTAR ; 2. SUTARNO
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PG PAUD.
Subyek1. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK) - KEMAMPUAN KOGNITIF - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.21807 AGU p
Abstrak

Kata Kunci : Bermain balok angka susun, kemampuan kognitif, anak TK







Penelitian ini dilatar belakangi oleh membangun kemampuan kognitif anak TK dalam memahami konsep bilangan melalui penggunaan bermain balok angka susun sebagai salah satu upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak.



Dari hasil pengamatan dan observasi pembelajaran bidang pengembangan kognitif didapat bahwa 5 anak (25%) siswa masih belum mampu mengenal konsep bilangan. Kegiatan pembelajaarn dalam mengenalkan konsep bilangan masih dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab tanpa adanya alat peraga yang menarik. Hal ini membuat anak kurang berminat untuk belajar sehingga kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan kurang berkembang dengan optimal. Dengan penggunaan bermain balok angka susun diharapkan minat belajar anak meningkat sehingga berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Balok angka susun merupakan alat bermain yang terbuat dari balok kayu untuk mengenal konsep bilangan juga mengenal bentuk geometri dengan warna-warna balok yang menarik.



Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan penggunaan bermain balok angka susun untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, 2) Mendeskripsikan peningkatan kognitif anak dalam bermain balok angka susun untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Budi Rahayu Wonorejo.



Penelitian ini dilakukan di TK Budi Rahayu Wonorejo Pasuruan di kelompok A. Jumlah anak sebanyak 20 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis Taggart dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat penilaian berupa pedoman observasi serta dokumentasi. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi, refleksi.



Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Bermain balok Angka Susun untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Budi Rahayu wonorejo terbukti dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh anak rata-rata meningkat, mulai dari pratindakan mendapat skor akhir (53,8), meningkat pada siklus I mendapat skor akhir (64,6) dan meningkat lagi pada siklus II mendapat skor akhir (75,75), sehingga hasil yang diperoleh terus mengalami peningkatan.



Disarankan untuk pembelajaran bidang kemampuan kognitif di TK hendaknya diterapkan penggunaan bermain balok angka susun untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Disarankan pula bagi guru hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam mengatasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak. Bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih inovatif dengan lebih memperhatikan alat permainan belajar anak yang lebih bervariatif dan menyenangkan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.