Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulImplementasi model pembelajaran kooperatif CIRC berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 02 Malang) oleh Ika Lestarianto
PenulisLestarianto, Ika
Pembimbing1. WENING PATMI RAHAYU ; 2. LUDI WISHNU WARDANA
Penerbitan2011, S1 Program Studi Pendidikan Tata Niaga.
Subyek1. KEWIRAUSAHAAN - PRESTASI BELAJAR
2. KEWIRAUSAHAAN - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMOPITION)
LabelRs 338.04076 LES i
Abstrak

Kata kunci : CIRC, lesson study, aktivitas, hasil belajar.



Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan pada saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang ada selama ini ternyata cenderung membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga siswa merasa bosan di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran telah banyak pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh guru tetapi sampai saat ini belum mendapatkan hasil yang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan hasil-hasil ujian siswa baik ujian nasional maupun ujian sekolah. Dari pihak sekolah sendiri juga belum berdaya untuk menciptakan suasana belajar yang memungkinkan siswa berpikir kritis, kreatif, bertanggungjawab atas dirinya sendiri dan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.



Peningkatan kualitas pembelajaran harus digalakkan melalui upaya pembelajaran yang inovatif. Implementasi pembelajaran yang inovatif ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui implementasi strategi pembelajaran untuk mendorong siswa menjadi student centre.





Secara umum penelitian ini bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan layanan profesional pendidikan dalam menangani proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memberikan inovasi pembelajaran dengan menawarkan model pembelajaran kooperatif CIRC berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diimplementasikan pada mata diklat kewirausahaan.



Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut dengan Classroom Action Reasearch. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sumber data dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil tes, wawancara, angket, pengamatan dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen arsip-arsip SMK Muhammadiyah 2 Malang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu soal pre test dan post test, catatan lapangan, observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan lesson study, dokumentasi dan angket yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data berupa teknik deskriptif persentase dan deskripif kualiatif.



Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II yang dapat diukur pada hasil observasi aktivitas siwa siklus I sebesar 90 % dan siklus II sebesar 100%. Terjadi peningkatan sebesar 10% . Selain itu peningkatan aktivitas juga dapat dilihat melalui penilaian hasil belajar aspek afektif . Terjadi peningkatan rata-rata persentase aspek afektif dari siklus I 83,07% ke siklus II 84,35%. Terjadi peningkatan sebesar 1,28%. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat melalui analisis nilai siswa pada aspek kognitif (pre test dan post test) yaitu pada siklus I setelah dilakukan tindakan rata-rata skor tes siswa 77,75 dengan persentase ketuntasan belajar 82,93%, pada siklus II setelah dilakukan tindakan skor rata-rata tes siswa menjadi 81,76% dengan persentase kelulusan belajar sebesar 85,71%. Pada analisis angket diperoleh hasil bahwa siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat menerima model pembelajaran kooperatif CIRC berbasis lesson study untuk diimplementasikan pada mata diklat kewirausahaan.



Dari hasil penelitian yang sudah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif CIRC berbasis lesson study pada mata diklat kewirausahaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang.



Saran untuk pihak-pihak yang terkait diantaranya: (1) guru mata diklat kewirausahaan hendaknya dapat mengalokasikan waktu sesuai dengan perencanaan, tidak hanya memotivasi siswa tetapi perlu memberikan hukuman kepada siswa ketika ada siswa yang kurang memperhatikan, (2) siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh, (3) peneliti selanjutnya yang akan yang akan menerapkan model pembelajaran yang sama dengan situasi dan kondisi sekolah yang sama hendaknya dapat lebih bervariasi, (4) Pemerintah sebagai pemimpin bangsa hendaknya lebih memperhatikan peningkatan mutu pendidikan tidak hanya melalui pemberdayaan sekolah tetapi juga profesionalisme guru salah melalui implementasi sebuah model pembelajaran yang berbasis lesson study.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas