Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan II Parasrejo Kabupaten Pasuruan oleh Jubaydah
PenulisJubaydah
Pembimbing1. I MADE SEKEN ; 2. SURYADI
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PG PAUD.
Subyek1. BAHASA INDONESIA (TAMAN KANAK-KANAK) - BERCERITA
LabelRs 372.622 JUB p
Abstrak

Kata Kunci : media gambar seri, kemampuan bercerita.





Berdasarkan hasil observasi di TK Dharma Wanita Persatuan II Parasrejo Pasuruan, kemampuan bercerita anak sangat rendah, sehingga anak tidak termotivasi untuk melakukan kegiatan bercerita. Terbukti dari sikap anak yang tidak mau maju ke depan kelas untuk bercerita. Selama ini menggunakan lembar kerja yang tidak berwarna kegiatan untuk bercerita dengan menggunakan alat peraga masih jarang dilakukan oleh guru, khususnya media gambar seri.

Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan cara menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan Mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan II Parasrejo Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Masing masing siklus terdiri atas 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi : Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan II Parasrejo Pasuruan sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung terhadap kegiatan anak.

Peningkatan kemampuan bercerita anak melalui penggunaan media gambar seri di TK Dharma Wanita Persatuan II Parasrejo Pasuruan, terbukti dari hasil belajar yang diproleh anak sebelum menggunakan media gambar seri yang berukuran besar, siklus I, siklus II yang terus mengalami peningkatan, yaitu pratindakan terdapat 3 anak (19%) telah mencapai ketuntasan individu dan sebanyak 13 anak (81%) belum mencapai ketuntasan individu, Siklus I mengalami peningkatan terdapat 7 anak (44%) mencapai ketuntasan individu, Siklus II semakin meningkat terdapat 11 anak (63%) telah mencapai ketuntasan individu dan 5 anak (31%) belum mencapai ketuntasan individu.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan bercerita menggunakan media seri dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. Media gambar yang digunakan hendaknya berukuran besar, berwarna agar menarik bagi anak. Guru harus selalu membimbing dan memberi motivasi kepada anak guru hendaknya sesering mungkin menggadakan kegiatan bercerita, agar anak terbiasa untuk melakukan kegiatan bercerita dan tidak malu lagi untuk bercerita di depan kelas karena sudah terbiasa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.