Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode bercerita dengan story reading untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan kepanjenkidul Kota Blitar oleh Siti Nawasiyah
PenulisNawasiyah, Siti
Pembimbing1. MUSA SUKARDI ; 2. HADI MUSTOFA
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi S1 PG PAUD. 2011
Subyek1. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK) - BAHASA, KEMAMPUAN
LabelRs 372.4 NAW p
Abstrak

Keyword: method tell a story, bahasa,tk reading,kemampuan story







Berdasarkan pengamatan dalam pembelajaran sehari-hari kegiatan bercerita tentang pengalaman, mendengarkan cerita dan menceritakan kembali cerita yang baru didengar yang telah dilakukan anak-anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar tanpa menggunakan media ada 47,31 persen anak yang masih belum berani bercerita di depan teman-temannya yaitu sebanyak 8 anak dari jumlah total keseluruhan 14 anak.

Penelitian bertujuan mendiskripsikan penerapan metode bercerita dengan Story Reading yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa dan mendiskripsikan penerapan metode bercerita dengan Story Reading dapat mengembangkan kemampuan bahasa kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan tindakan kelas (PTK) model siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru pendamping.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan awal bahasa anak 47,31% skor nilai kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar kemudian meningkat dengan diterapkannya metode bercerita dengan story reding. Peningkatan pada siklus I penelitian tindakan kelas ini meningkat dengan rata-rata 62,33% dengan tidak adanya anak yang berkemampuan bahasa rendah. Dalam pembuktian peningkatan bahasa anak , peneliti melaksanakan siklus II untuk melakukan upaya peningkatan yang lebih dari penerapan metode bercerita yang mana kemudian hasil nilai rata-rata anak menjadi 80,57%.

Dari penelitian ini, mendengar cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara urut dan membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalinya dengan menggunakan story reading dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar pada semester II Tahun akademik 2010/2011.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.