Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Mifthaul Huda Pohjentrek Pasuruan oleh Nur Yulianti
PenulisYulianti, Nur
Pembimbing1. Hj. Sukamti 2. Tomas Irianto
Penerbitan2011, S1 Program Studi PGSD.
Subyek1. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN KONTEKTUAL
LabelRs 372.35044 YUL p
Abstrak

Kata Kunci : pendekatan kontekstual, hasil belajar, IPA, SD





Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran IPAdi kelas V MI Miftahul Huda Pohjentrek Pasuruan. Peneliti menggunakan pembelajaran kontekstual karena model pembelajaran ini membantu guru menguraikan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan lebih memberdayakan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan pembelajaran kontekstual siswa kelas V, (2) penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa IPA kelas V, (3) penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda terhadap penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA.

Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Miftahul Huda Pohjenterk Pasuruansebanyak 19 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembaran observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda. Hal ini ditunjukkkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa, pada pratindakan (53,68), siklus I (68,41), dan siklus II ( 79,20 ) . Kemampuan guru dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan, pada siklus I skor pada APKG adalah (93,75%) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (96,25% ). Tanggapan guru dan siswa sangat mendukung pada pembelajaran IPA dangan menerapkan pendekaan kontekstual.

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, (2) jumlah siswa dalam aktivitas belajar dengan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan, (3) hasil belajar siswa meningkat dengan adanya pembelajaran kontekstual dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan: (1) kepala sekolah hendaknya meningkatkan layanan fasilitas pembelajaran di MI, (2) sebelum pembelajaran guru menyediakan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran, (3) mengingat pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada suatu sekolah saja, maka penelitian lain diharapkan dapat melajutkan beberapa sekolah lain untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas